Menembem di Brussels: it’s all about the best Frites, Waffles,and Chocolates!

Bagi pecinta Chocolate, nama-nama seperti Godiva, Leonidas, Côte d’Or, dan Neuhaus sudah gak asing lagi. Merek-merek Chocolate ternikmat yang membangunkan havana oh na na di perut manusia nista. Chocolate yang menghancurkan diet emak-emak muda dan menggantikannya dengan lemak kebahagiaan. Sebagai pecinta Silverqueen dan Chocodot ‘anti miskin’, saya makin excited untuk mencicipi sensasi chocolate mevvah di negeri asalnya, Belgia.

Ada lebih dari 320 toko cokelat dengan variasi unik dan beragam. Mulai dari truffle, praline, sampai homemade chocolate. Harga Godiva Praline jika dihitung dengan pelit, sekali emut bisa dapet Beng-Beng 1 box, sungguh tak ekonomis. Di benak engkoh sempoa-mu, ada kegalauan antara 1 box apa 1 emut? karena sudah jauh-jauh kesini, tentu saya wajib mencicipinya. Uang bisa dicari, tapi waktu tak akan terulang kembali.

Konon, siapa saja yang mencicipi chocolate disini, mereka telah memesan kavling di khayangan. Tempat dimana kamu bisa berendam chocolate layaknya Paman Gober. Surga di bathtub Chocolate. Kitapun bebas ngemut Praline Hazelnut Almond sepuas-puasnya. Namun, ceritanya akan beda jika kamu masuk neraka jahanam.

IMG_5779.JPG
What’s Brussels’s weather like in December? The highest temperature will reach 6°C, while the lowest is 3°C

Di hari ke-2 West Europe Tour, saya bersama rombongan tiba di Brussels. Tepat di hari Natal, gerimis menyambut kedatangan kami. Turun dari bus, tour leader menggiring kami dengan membawa bendera kebangsaan Mickey Tour. Bendera yang berfungsi agar kita tetap berada di jalan yang benar, tidak serong ke kanan dan kiri lalu menghilang. Peran tour leader sudah seperti raja semut siap perang.

Ditengah rintik hujan menuju ke Grand Place, pasangan honeymoon yang penuh kasih menawarkan payungnya untuk saya bergabung. Mungkin mereka iba melihat jomblo struktural berjalan sendirian di tengah hujan. Mengutip kata Raditya Dika, jomblo struktural adalah keadaan seseorang menjadi jomblo karena kualitas orang tersebut (penawaran) dengan kemauan lawan jenis (permintaan) tidak seimbang.

Misal, muka dan isi dompet pas-pasan, maunya sama yang cantik dan sexy kaya Bae Suzy. Penawaran dan permintaan ga ketemu, akhirnya jomblo. Namun karena dari kecil saya diajarkan untuk bermimpi setinggi-tingginya walaupun kalo ketinggian jatuhnya sakit. Membuat saya bersikeras bahwa ga ada yang ga mungkin. Satu-satunya cara adalah dengan meningkatkan kualitas penawaranmu. Sehingga setidaknya kamu bisa mendapatkan Bae Suzy KW Super.

Kembali ke percakapan saya dengan sweet couple tadi. Kebaikan mereka menawarkan payungan bertiga, tentu saja saya tolak. Saya tak ingin mengganggu pasangan yang lagi hot-hot nya. Saat itu saya menjawab ajakan mereka dengan…

‘Ga usa, ga papa. Pria sejati itu suka ujan-ujanan.’

Jawaban yang tidak berfaedah. Namun, memunculkan senyum diantara kami. Suasana pun mencair karena teman tur ikut menimpali dengan candaan. Di hari-hari awal, kami belum mengenal satu sama lain, masih jaim-jaiman. Meskipun yang terjadi di hari-hari berikutnya sangat bertolak belakang. Saat chemistry mulai terhubung layaknya listrik tegangan tinggi. Di saat sifat asli kami keluar, suasana pun jadi kaya keluarga Kim Kardashian.

IMG_5566

Kemudian tour leader mengumumkan jam berapa kita harus kembali berkumpul. Kami bebas berfoto dan jalan-jalan mengitari pertokoan maupun cafe yang ada di Grand Place. Rute kami berawal dari Brussels Stock Exchange, Grand Place, Manneken Pis dan berakhir di Atomium.

Sebelum memulai petualangan, saya mengawali pagi dengan makan hotdog. Aroma menggoda di pemberhentian pertama, membuat kupu-kupu di perut request. Udara dingin menambah nikmat rasa daging dan roti yang menyatu di mulut. Brussels memang terkenal sebagai surganya kuliner.

Sebelum kesini, saya sempat membuat daftar makanan apa aja yang harus dicobain. Dan, bagaimana agar ga kekenyangan nyobain hotdog, frites, waffle, dan chocolates dalam satu hari. It’s all about sugar rush!

Caranya adalah dengan ga makan nasi. Ga semua orang bisa tahan ga makan nasi. Ada yang kalo ga makan nasi kaya ga makan, perut jadi perih. Padahal kentang dan roti merupakan pengganti nasi yang sempurna. Untung nya, saya bukan tipe seperti ini. Meskipun lama-kelamaan, bakal kangen nasi padang juga. Lidah dan perut dimana kita berasal memang ga bisa bohong.

Namun kecintaan saya yang tinggi akan makanan bule, terutama roti-rotian nya. Cukup membuat kenyang bego di Eropa. Setelah mengunyah hotdog, saya muter-muter Grand Place sambil nurunin makanan di lambung. Foto-foto dan keluar masuk toko. Setelah itu… ngemil lagi.

Life is good when you’re traveling. Sensasi hidup tanpa kerja. The happiness of doing nothing. Ga mikirin apa-apa. Just having fun!

IMG_1079
Frites with Mayonnaise at Ets P. de Corte in front of the Brussels Stock Exchange Building

Cemilan berikutnya adalah Frites! kentang goreng khas Eropa yang bentuknya besar dan berlimpah ruah. Ets P. de Corte adalah salah satu kedai yang menyajikannya dengan sempurna. Jangan percaya kata orang Perancis, mereka bukan penemu french fries. Konon, orang Belgia yang menemukannya.

IMG_1085
Belgian fries are awesome. it’s soft on the inside and crispy on the outside. Belgians love dipping it in mayonnaise instead of ketchup. It might sound weird but after trying it out, it’s actually a great combination, nom nom!

Ada berbagai macam topping yang bisa kamu pilih. Penasaran dengan orang lokal yang suka mencocol fries ke mayonnaise. Saya pun ikutan nyobain. Dan, ternyata rasanya sungguh 4C, Crunchy Chewy Creamy Ciaaaaaaaa…...

Bentuknya tebel, crunchy outside, soft inside. Ga gampang bikin kentang seenak ini. Pasti ada resep rahasia. Kentang yang saya buat dirumah, kalo ga angus ya letoy. Kalo motongnya ketebelan, jadinya ga renyah. Kalo ketipisan, sisa kriuk kriuk doang. Namun disini, mereka menyajikannya dengan sempurna. Layaknya Chef yang tau membuat kentang telentang dengan indah.

Setelah bercinta dengan hotdog dan frites, pipi saya mulai kontraksi, menembem dengan anggun

IMG_1062.jpg
It was cold and rainy, but I enjoyed seeing Brussels at Christmas

Siang itu, kami dibuat terkesima dengan kemegahan bangunan bersejarah dari abad ke-14. Hujan pun tak menghalangi keindahan kerajaan gothic yang mengelilingi kami. Menurut Wikipedia, Grand Place merupakan salah satu central square terindah di dunia. Alun-alun ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1998.

Dibalik keindahannya, Grand Place memiliki sejarah kelam. Pada abad ke 17, ratusan orang dieksekusi di alun-alun ini. Demonstran dibakar dan di gantung di tiang pancang. Pemberontak dibunuh dengan cara lebih mengerikan, dipenggal! Politik masa lalu tidak hanya penuh intrik tapi kehilangan hati nurani. Manusia jaman itu sudah seperti zombie. Seperti kata almarhum Dolores O’Rior, vokalis Cranberries dalam lagu hitsnya…

In your head, in your head
Zombie, zombie, zombie
Hey, hey
What’s in your head, in your head
Zombie, zombie, zombie

Sejarah masa lalu membuat kita bersyukur hidup di era Milenial. Seperti kata mantan President AS, Barrack Obama ‘we’re fortunate to be living in the most peaceful era in human history.’ Walaupun di era sekarang, kita tidak luput dari hoax dan kekejaman teroris. Setidaknya lebih dari satu abad, kita bebas dari masa penjajahan dan perang dunia. We live in a better world. Kita bebas menjadi apa yang kita mau. Kejahatan diadili lewat pengadilan tanpa harus dihukum penggal. Walaupun selalu ada kampret yang layak dihukum kaya gini.

IMG_1028

Sekarang alun-alun ini berubah jadi area komersial. Sejarah kelam digantikan destinasi menyenangkan! Grand Place dipenuhi shopping centre, hotel, balai kota, museum, restoran, bar, cafe dan butik kelas dunia. Brand-brand ternama seperti Hard Rock Cafe, Starbucks, Neuhaus Chocolate, Leonidas, Zara siap membuatmu menghamburkan uang. Ada juga Museum Bir yang unik dan La Boutique Tin Tin toko yang menjual buku dan pernak pernik kartun Tin Tin. Kring Kring. Krik Krik…

‘If you had to choose a moment in time to be born, any time in human history, and you didn’t know ahead of time what nationality you were, or what gender, or what your economic status might be, YOU’D CHOOSE TODAY – Barrack Obama

IMG_1020.jpg
Bangunan cantik dan jalan-jalan berbatu membentuk karakter kota yang unik. Berkeliaran ga jelas sambil mengambil foto menjadi kebahagiaan tersendiri

 

IMG_1145
It was built at the end of the 19th century in a Neo-Gothic style. Although it is named King’s House, there is no Wakanda’s King or Bruce Wayne ever lived there. It used to be a courthouse in the middle ages, now it is home to the City Museum
IMG_1010 2
Grand Place, i admire the extraordinary architecture, a delicate blending of the Gothic and the Baroque. Brussels may be less glamorous than Paris but that’s exactly why the Belgian capital still looks classy and elegant
IMG_1061
Hiasan barok dengan patung berlapis emas dan simbol yang kompleks. Balai kota abad ke-15 yang dipenuhi guildhalls antik nan cantik (rata-rata dibangun pada tahun 1697-1705) Bangunan di Grand Place memiliki perpaduan gaya arsitektur yang mewakili ciri khas ragam budaya masyarakat setempat
IMG_1098.jpg
Everard ‘T Serclaes Monument Location

Everard t’Serclaes (1320 – 31 Maret 1388), pahlawan paling menyedihkan sepanjang masa. Konon, siapa saja yang menggosokkan tangannya ke patung ini, dia akan mendapat keberuntungan dan suatu hari nanti akan kembali ke Brussels. Jangan lupa digosok-gosok yah! Kalo malem mungkin jin nya keluar.

IMG_1065.jpg
The famous Manneken Pis, a statue of a little boy urinating. Little Santa love to take a piss

Kemudian kami diajak melihat patung paling cute, Manneken Pis. Patung bocah kencing di baskom. Dalam rangka Natal, bocah ini mengenakan baju Santa Claus. Dia memiliki lebih dari 900 kostum disaat patung lain harus telanjang! Sungguh terlalu. Dimana letak keadilan? dimana Hak asasi patung lainnya? Padahal dia cuma bocah ingusan yang tak henti-hentinya memamerkan titit.

Patung ini tak hanya menjadi ikon Brussels tapi juga Belgia secara keseluruhan. Bak artis populer, semua turis ingin berfoto dengannya. Bocah ini sudah kencing lebih dari 400 tahun. Bayangin kalo kencing-nya ga terurai, pasti sudah terjadi banjir lokal. Efek pesingnya bisa bikin banjir pipis lebih mematikan daripada banjir bandang.

Melihat langsung sangat berbeda dengan di foto. Patung ini terlihat begitu mini ‘kecil kecil nyenengke’. Lucunya, patung ini telah dicuri berkali-kali. Sampai pada tahun 1965, pemerintah Belgia menukar Manneken Pis yang asli dengan replika. Yang asli sekarang disimpan di Museum Maison du Roi.

Banyak cerita heroic tentang Manneken Pis. Bocah ini menyelamatkan kota dari kebakaran dengan cara mem-pipisi sekring listrik yang terbakar. Kenapa saat mempipisinya dia ga kesetrum? karena dia bukan bocah biasa, dia memiliki kekuatan super dengan jutsu unlimited pee. 

Manneken Pis bisa bergabung dengan Avengers sebagai Piss-Man. ‘Dengan kekuatan pipis akan menghukummu.’ Dia akan lebih mencolok dibandingkan Ant-Man. Bayangkan, Thanos dengan gampangnya ngalahin Iron Man, Doctor Strange, dan Spiderman. Disaat-saat kritis, muncul-lah Piss-Man. Eng ing eng, Piss-Man mempipisi Thanos, kemudian Thanos mengerang dan meninggal. Tamat. Ending yang dramatis. Semua penonton pulang dengan senang.

IMG_1095
Don’t leave Brussels without a box of Godiva’s pralines Chocolates!

I’m a sucker for free tester! Tiap toko yang saya masuki, ada coklat gratis untuk dicobain. Bayangin kalo ada di negara kita. Pas lagi bokek, cukup skip makan siang lalu nyicip Chocolate satu-satu di tiap toko sepanjang jalan. Kita pun terseok-seok kekenyangan.

IMG_5546.JPG
Oldie but Goodie. Inside Neuhaus Chocolate store. I must admit that I am a sucker for free samples. This place doesn’t only have the best chocolate with the most unique and wide variety, but the free samples are endless. Every where you look, you can find a free chocolate to eat
IMG_1237 2.jpg
Neuhaus – the inventor of the ‘praline‘, Godiva, Leonidas, and Nirvana. Though of course, there are a more brands and shops in Belgium that can definitely make you cry with happiness. I bought some liquor chocolate and whiskey inside for my family

IMG_1097

Makanan favorit saya di Brussels adalah Waffle! Banyak yang bilang Maison Dandoy the best waffle in town, tapi pas Natal kedai itu tutup. Jadinya, saya mencoba kedai waffle enak lainnya Le Funambule. Aroma waffle dipanggang yang tercium dari luar, sukses bikin ngiler. Pilihan topping yang beraneka ragam, bikin galau memilih. Ada chocolate, caramel, nutella, hingga buah segar seperti strawberry, kiwi, pisang. Whipped cream nya pun ga nanggung-nangung, munch-munch abis.

IMG_1072
Le Funambule location must try waffle in Brussels.

Pilihan saya jatuh kepada waffle topping Nutella. Ngemut waffle pas lagi anget-angetnya itu maknyes! Crispy on the outside, light on the inside. Saat mengunjungi suatu tempat, saya selalu ingin mencoba makanan terbaik disana. Saya typical orang yang selalu browsing first mana restoran yang wajib dicoba.

Bukan berarti harus straight dengan list tersebut, saya tetap berimprovisasi saat melihat random food yang menarik. Biasanya yang antriannya panjang, itu yang paling enak. Ga masalah jika saya menghabiskan banyak uang untuk makanan. Saya gak menyesal walaupun semua makanan itu berakhir sama di mesin penggilingan perut. Jadi, hidup untuk makan atau makan untuk hidup?

Being able to enjoy the food around the world is amazing!

IMG_1177.jpg
I met new friends in Brussels. Honeymoon couple holding hands together like Korean drama. Ada pribahasa yang mengatakan, saat honeymoon dunia terasa milik berdua, yang lain ngorok
IMG_1183.jpg
St. Michael and St. Gudula Cathedral
IMG_1210 2.JPG
Atomium Location

Terakhir, kami diajak melihat Atomium. Bangunan berbentuk atom bulat futuristic yang terbuat dari stainless steel raksasa. Di dalam atomnya nya terdapat eskalator yang saling terhubung satu sama lain. Keren! sayangnya karena keterbatasan waktu kami tidak bisa masuk ke dalam.

Pada tahun 1958, Atomium dibangun untuk Pameran Dunia. Atom superman ini masuk daftar 10 bangunan paling menakjubkan di dunia. Photo can’t do the justice. Atom ini tampak lebih indah jika kamu menyaksikannya dengan mata kepala sendiri. Apalagi saat berada tepat dibawahnya. Dari balik jendela bus, saya menatap tinggi ke atas. Tanpa sadar bibir saya mangap dan berkata “Whooowww…”

IMG_5758.JPG
Life is collection of experience, a little shit and a little smile

Belgia menawarkan sejuta rasa di mata dan lidah. Rasa yang belum pernah saya lihat dan kecap sebelumnya. Rasa yang dulu Romelo Lukaku dan Eden Hazard cerna setiap hari. Mungkin semua inilah yang membuat mereka bertalenta dan akhirnya berlabuh di Liga Inggris. Waffle, Frites and Chocolate membuat hati senang sehingga talenta mereka keluar maksimal. Atau mungkin saya ngaco?

Saat traveling jangan pernah diet dan berkata ‘aku ga boleh makan ini itu’. Kalo ada yang ngomong gendut, bilang aja…

‘Aku tuh gendut bukan karena doyan makan, tapi… aku sering suka lupa kalo aku udah makan’ dengan ekspresi baby imut yang lagi viral

Kamu bisa imbangi dengan makan sehat ala sayurmu lagi dirumah. Makanlah makanan favorit-mu selagi bisa. Selagi organ-organ tubuh masih berfungsi mengubah gula dan lemak menjadi tenaga. Selagi masih bisa olahraga untuk membakar kolesterol dan minyak yang kamu nikmati.

Karena akan tiba masanya tubuh sulit mencerna, saat organ di masa tua tak berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Ada yang mengatakan, lebih baik menyesal tentang sesuatu yang telah kamu lakukan, daripada menyesali hal yang tidak pernah kamu lakukan. I just don’t want to look back and think. I could’ve eaten that. 

Enjoy your mother fucking youth while you got it. Whatever the fuck you’re trying to do in your dreams and shit. Do it right the fuck now!

– Unknown

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s