Tips agar Visa Korea mu disetujui! Disertai Syarat Pengajuan dan Panduan Mengisi Formulir Aplikasi Visa Korea 2018

Ngajuin visa itu ibarat ikut Indonesian Idol. Kamu memperkenalkan diri, lalu berusaha menampilkan yang terbaik dari dirimu. Sambil berharap-harap cemas pada akhir nya akan dapet jawaban ‘Ya, anda lolos! bawalah Golden Ticket ini pulang’ Lalu kita melompat girang sambil menonjokkan tangan ke udara ‘Yeah!’ air mata bahagia berlinang, dada kembang kempis, jantung mau muncrat lalu kita merasakan kelegaan yang semriwing. ‘Aaaah… akhirnya. Bisa jalan-jalan dengan tenang’. Kelegaan yang membuat kita menuju ke puncak gemilang cahaya mengukir cinta seindah asa.

IMG_6719.jpg
Oppa Song Bo Kong sedang menikmati mandi salju di Seoul

Damn, seperti itulah perjuangan yang kita perlukan hanya untuk jalan-jalan ke negeri orang. Kadang kita pikir, ngapain si mau seneng-seneng aja dipersulit. Sebenarnya bukan dipersulit, melainkan sudah nasib kita sebagai pemegang Passport negara berkembang. Negara-negara maju tidak ingin kita asal masuk lalu menjadi imigran ilegal di negara mereka. Mau tidak mau, suka tidak suka perjuangan agar visa kita di approve menjadi lebih ketat.

Kita harus mengisi berbagai pertanyaan dalam formulir aplikasi, membawa dokumen-dokumen pribadi,  menunjukkan jumlah rekening di bank, membayar uang permohonan visa yang ga murah, kemudian menunggu kabar tanpa kepastian. Jika visa ditolak, uang yang sudah kamu bayarkan tidak dapat dikembalikan.

Untuk itulah saya berbagi pengalaman yang sudah saya alami sendiri. Sehingga bisa memperbesar peluang Visa Korea-mu disetujui. Terlepas dari semua keribetan, mendapatkan visa menjadi begitu membahagiakan saat kamu telah meraihnya.

Yang pasti saya tidak menjamin petunjuk dalam blog ini akan membuat permohonan visa-mu disetujui 100%. Tidak ada yang bisa memberikan jaminan bahkan pengacara, konsultan, travel agent, atau pegawai kedutaan. Siapa pun yang mengatakan sebaliknya kemungkinan besar adalah penipu ulung atau si raja gombal. Hanya Tuhan dan juri-juri Kedubes yang tahu apakah visa mu akan disetujui atau tidak.

Meskipun rekening koranmu tidak jauh berbeda dengan temanmu. Dan, dia sudah mendapatkan visa duluan, sementara kamu baru mau mengajukan. Bukan berarti visa mu juga pasti disetujui. Hal ini dikarenakan setiap konsulat mempertimbangkan berbagai macam faktor. Isi passport, latar belakang, isi dalam formulir, kelengkapan dan keaslian persyaratan, detail kecil yang pasti berbeda dengan temanmu. Lain cerita jika kamu perginya ke Korea Utara, dan kamu sohib akrab Kim Jong-Un. Mungkin kamu akan langsung mendapat VIP access, jalur bebas hambatan menuju gaya rambut klimis menantang langit.

Beli tiket pesawat dulu atau bikin visa dahulu?

Pertanyaan classic nan abadi. Memang sangat tidak dianjurkan untuk membeli tiket pesawat dahulu sebelum mendapatkan visa, tapi apa mau dikata bila kita memesan tiket mepet, biaya tiket akan terlampau mahal. Promo menarik dari maskapai penerbangan yang biasanya harus memesan jauh-jauh hari, membuat kita tergiur, yang pasti akan sangat menghemat budget traveling kita nantinya.

Sebuah kegalauan yang diibiratkan mana duluan yang ada di dunia ini, “telur atau ayam?” pertanyaan yang dijawab dengan kata “tergantung” dan bisa diperdebatkan siang dan malam ga selesai-selesai. Karena jawaban untuk tiap orang berbeda. Tergantung tebal atau tidaknya jumlah uang yang ada di rekeningmu, tergantung apakah uang tak jadi masalah jika membeli tiket mepet, tergantung passport-mu isinya kosong apa engga, tergantung kamu pede ga dengan kelengkapan dokumen pribadi dan formulir yang ada, tergantung apakah kamu setenar Agnez-Mo yang bisa “Go International” dengan kece badai.

Ada berbagai jenis visa Korea Selatan seperti visa untuk pelajar, visa untuk bisnis, visa untuk bergabung dengan keluarga dan sebagainya. Untuk blog ini, saya hanya akan memberikan panduan persyaratan untuk visa turis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Namun, jika tujuan kunjungan mu bukan sebagai turis, kamu bisa langsung klik di link ini Informasi Visa Korea untuk informasi persyaratan lengkap jenis visa lainnya.

Kapan waktu paling awal untuk bisa mengajukan permohonan Visa Korea Selatan?

Kamu bisa ngajuin permohonan Visa Korea 3 bulan atau 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Dan inilah semua persyaratan yang saya cantumkan saat mengajukan visa Korea Selatan:

1. Passport yang masih berlaku minimal 8 bulan

Pastikan kamu memiliki minimal 8 bulan sisa masa berlaku paspor. Jika tidak, perpanjang passport dahulu sebelum mengajukan visa. Perkenalkan dirimu dengan indah. Tunjukkan bahwa kamu sering jalan-jalan dan selalu bepergian dengan rapih. Jangan lupa mengikutsertakan passport lama. Cap paspor mu disini ibarat CV saat melamar kerja. Sekalipun bukan faktor penentu, ada baiknya menunjukkan kesan baik dari jejak traveling yang telah kamu jalani sebelumnya. Kesan yang memberitahukan bahwa kamu selalu balik ke kampung halaman dan tidak pernah overstay di luar negeri.

2. Surat Sponsor dari perusahaan tempat anda bekerja dalam Bahasa Inggris

Lengkapi segala dokumen dengan teliti. Periksa ulang sebelum menyerahkan. Kadang kita berpikir ah ga papa deh ga ada ini, cuma surat sponsor ini. Ga da 1-2 dokumen harusnya ga masalah. No! kamu ga bisa ngarepin petugas kedutaan untuk mengatakan “Oh, it’s OK, besok balik kesini lagi ya. Bawa dokumen yang belum dibawa.”

Kirimkan semua dokumen sekaligus. Kebanyakan kedutaan dan travel agent yang menyampaikan tidak mau menerima permohonan visamu jika tidak lengkap. Hindari membuang-buang waktu dan duit bensin. Serahkan semua dokumen secara rapi dan terorganisir. Hal ini untuk mempermudah daftar periksa dan memberi gambaran singkat kepada Kedubes bahwa kamu telah menyiapkan semua yang dibutuhkan.

Surat sponsor merupakan sebuah surat jaminan yang berisi tentang pernyataan bahwa anda akan kembali ke negara asal dan tidak akan menetap untuk mencari pekerjaan dalam bentuk apapun di negara tersebut. Dalam hal ini karena saya selaku pemilik toko sebuah usaha, saya mencantumkan 2 surat sponsor.

Yang pertama saya menjamin diri saya sendiri, dan yang kedua orang lain dari pihak kedua: bisa keluarga ataupun HRD perusahaan tempat kamu bekerja. Dalam hal ini adik saya, menandatangani surat sponsor dan menjamin saya akan kembali ke negara asal. Berikut contoh surat sponsor yang saya buat.

Surat Sponsor Korea Steven.jpg
Contoh Surat Sponsor salah satu dari HRD atau Owner dari perusahaan tempatmu bekerja
Korea sponsssss Jpeg.jpg
Contoh Surat Sponsor jika kamu pergi bersama anggota keluarga

3. Photocopy SIUP/TDP/HO/NPWP ( Jika pemilik toko / perusahaan )

Hanya kirimkan dokumen asli. Jangan pernah mencoba mengirimkan dokumen palsu. Kemungkinan besar kamu tidak hanya akan ditolak, tapi juga akan dibanned seumur hidup. Kamu bisa memilih salah satu dari SIUP atau TDP atau HO. Tapi akan lebih baik jika mencantumkan semuanya. Saya mencantumkan semua fotocopy SIUP, HO, TDP, dan NPWP. Intinya semakin lengkap semakin OK OCE.

Jika bukan Wiraswasta, misal bekerja kantoran atau mahasiswa. Cukup mencantumkan Surat keterangan dari perusahaan/kantor/sekolah dalam bahasa Inggris. Dengan kertas kop surat berlogo dan terdapat nama, alamat dan kontak perusahaan. Isi surat menerangkan tentang kamu sejak kapan mulai bekerja/sekolah di situ dan posisi kamu dalam organisasi.

Misal, karyawan tetap, memperoleh izin untuk meninggalkan pekerjaan/sekolah selama trip berlangsung. Juga menjelaskan apakah biaya perjalanan ditanggung sendiri atau oleh perusahaan. Intinya menjamin bahwa kamu akan kembali ke Indonesia setelah trip berakhir. Slip gaji 3 bulan terakhir juga dicantumkan untuk memperkuat pernyataan pada surat keterangan.

4. Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank

Setiap kedutaan ingin memastikan kamu memiliki cukup uang untuk membiayai semua kebutuhan saat berada di negara mereka. Karena jika tidak, pihak kedutaan akan meragukan tujuan mu mengunjungi negara mereka. Pakailah rekeningmu sendiri apabila tersedia dana yang mencukupi atau bahkan turah-turah bak cucu konglomerat. Gunakan rekening wali/orang tua/suami/saudara jika kamu masi belum memiliki penghasilan sendiri. Atau gabungkan rekening kedua nya, jika kamu merasa perlu, dalam bentuk support sponsor dukungan oleh orang tua misalnya.

Namun hati-hati jika menggunakan rekening dari wali, adik dari teman saya yang masih kuliah pernah ditolak visa Jepangnya karena memakai rekening wali, yang merupakan orang tua nya sendiri. Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya karena ada banyak faktor sebuah visa bisa ditolak. Mungkin selain karena ini, kemungkinan besar juga karena memang dia belum pernah kemana-mana sebelumnya, alias cap di passport-nya kosong melompong.

money

Berapa jumlah minimum uang yang harus saya tunjukkan di rekening koran?

Pertanyaan mendasar yang paling sering ditanyakan waktu hendak bikin visa. Sesuatu yang tidak bisa dijawab secara absolut, karena tiap negara memiliki persyaratan minimum sendiri tergantung berapa lama masa tinggal mu di negara itu. Berdasarkan pengalaman saya membuat Visa Korea, pihak kedubes mengharuskan kamu memiliki minimal 80,000 Won atau sekitar Rp. 1 juta per hari dari masa tinggal. Saya menyarankan agar kamu memiliki dua kali lebih banyak dari uang minimal tersebut.

Saya menggunakan sistem kelipatan, berapa hari kamu stay di Korea x Rp 1 juta. Misal, kamu ke Korea 12 Hari, berarti persiapkan 12 x 2 juta = 24 Juta didalam rekening kamu. 12 juta untuk kamu hokya-hokya. 12 juta untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk kembali menjalani hidupmu yang penuh drama.

Jika mutasi rekening tidak banyak, debit kredit atau jumlah uang di rekening kurang ideal. Keluar masuknya ga jelas tiap tanggal berapa, jumlah kredit pemasukan nya tidak menentu. Salah satu cara untuk memperkuat bukti kalau kita punya cukup uang untuk traveling ke Korea dan menunjukkan uang itu bukanlah ‘titipan’ adalah dengan mem-print rekening koran lebih dari 3 bulan, misal 6 – 9 bulan.

5. Photocopy KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Nikah (kalo sudah kawin), Surat Ganti Nama jika Ada

Jika kamu pelajar, harus melampirkan Scan Kartu Pelajar / surat keterangan sekolah untuk anak. Juga melampirkan keterangan dari kampus/sekolah yang mencantumkan nama, no. induk mahasiswa, jurusan, dan program yang diambil (S1/Diploma).

6. Bukti Pembayaran Pajak (SPT21)

Berikan bukti sebanyak mungkin. Lebih banyak dokumen berhubungan tentang keuangan anda seperti SPT tahunan, tagihan kartu kredit bulanan, maka akan lebih baik. Dokumen-dokumen ini akan memperkuat kepercayaan kedubes kepada anda. Overdeliver merupakan hal yang baik selama dokumen yang kamu kirimkan relevan. Jangan mengirimkan yang ga berhubungan seperti foto selfie mu di tempat dugem.

7. Pas Foto Warna dengan latar belakang putih ukuran 4×6 (2 lembar)

Pakailah pas foto terbaru. Kalo lagi males foto baru,  foto setahun yang lalu ga papa asal kamu awet muda dan terlihat ga jauh berbeda. Yang penting jangan pas foto waktu kamu balita atau SD. Pastikan bentuk wajah terlihat jelas. Jidat, alis dan telinga terlihat jelas. Jangan pakai softlens dan kacamata. Foto tidak boleh diedit apalagi pakai beauty filter. Zoom standar visa 70%.

8. Konfirmasi Bookingan Hotel, Print out Tiket, Itinerary Jadwal Perjalanan selama kamu di Korea (Optional – Pelengkap)

Tidak diwajibkan, tapi selalu jadi pelengkap yang baik untuk diikutsertakan. Sebagai bukti yang menunjukkan bahwa kamu bisa tidur dengan nyaman di negeri orang dan tidak menggembel di bawah jembatan, dokumen yang menunjukkan bukti hotel yang sudah dipesan. Untuk mendapatkan konfirmasi bookingan hotel yang telah di print ini kamu bisa memesan hotel secara online atau melakukan pemesanan dummy melalui aplikasi atau website seperti Booking.com dan Agoda, yang tidak mengharuskan membayar biaya hotel saat itu juga dan bisa kamu cancel misalkan ada perubahan jadwal tanpa dikenakan biaya.

Akan tetapi jika kamu menginap di rumah teman atau keluarga, kedutaan akan meminta rincian data tentang ‘tuan rumah’, seperti copy kartu identitas mereka, alamat tempat tinggal, dan bukti hubungan kamu dengan mereka.

Print out Ticket reservasi penerbangan menjadi bukti dasar yang kuat bahwa masa tinggalmu nanti tidak akan melampaui batas waktu (Overstay). Berikan mereka itinerary rencana perjalanan  tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi di Korea nanti.

Korea Itinerary

9. Membayar biaya pembuatan Visa Turis senilai Rp. 560,000 (Visa Kunjungan dibawah 90 Hari)

Biaya Pembuatan Visa terbaru 2018 berdasarkan Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) Rp. 560,000
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) Rp. 840,000
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) Rp. 1,260,000
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) Rp. 980,000

Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila proses pengajuannya dibatalkan atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Buat kamu yang tinggal diluar Jakarta, akan lebih efektif dan efisien bila menitipkan permohonan visa mu melalui travel agent. Seperti saya yang berdomisili di Yogyakarta, menitipkan ke travel agent terpercaya di Nusantara Tour. Tentu ada biaya tambahan untuk ongkos titip dan kirim.

Setahun yang lalu saya membayar Rp. 600,000 . Biaya yang boleh dibilang ga mahal karena pihak agent hanya menambah sekitar 50,000 dari biaya yang harus diserahkan ke pihak kedutaan. Biaya yang menurut saya pas dan worth it dibandingkan saya harus bolak-balik ke Jakarta. Tiket pesawat aja dah berapa, belum plus hotel, nge-mall, ngemil eksis di Central Park.

10. Menyertakan formulir aplikasi permohonan Visa

Kamu bisa mendownload formulir permohonan visa disini Formulir Aplikasi Visa Korea Pastikan kamu mencetak ini dalam kertas A4. Ada 5 halaman berisi berbagai macam pertanyaan di formulir ini. Ga terlalu banyak jika dibandingkan dengan formulir aplikasi Visa Australia yang tebal nya kaya novel! Tulislah dengan jelas dan rapi, tanpa coretan. Jangan meremehkan detail kecil.

It’s the little detail that are vital. Isi dengan seksama sesuai data mu yang sesungguhnya. Berikut saya cantumkan penjelasan dan contoh bagaimana saya mengisi formulir tersebut, tentu dengan data pribadi yang sudah saya samarkan untuk menjaga privasi.

Page 1
Page 1
Page 2.jpg
Page 2 – Point Penting! Tuliskan rincian paspor kamu PERSIS seperti yang ditunjukkan pada passport, termasuk tempat dan kantor yang mengeluarkan.
Pastikan kamu memiliki minimal 8 bulan sisa masa berlaku paspor. Jika tidak, perpanjang passport dahulu sebelum mengajukan visa
Page 33.jpg
Page 3 – Point Penting! 8. Details of Sponsor. Do you have anyone sponsoring you for the visa? Centang Yes, jika kamu disponsori oleh orang tua atau perusahaan yang membiayai kepergianmu. Jika kamu mensponsori diri kamu sendiri, centang No. Jika kamu mencentang Yes, maka isi nama sponsor, tanggal lahir/tanggal berdirinya bisnis, hubungannya denganmu, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi di kolom yang telah disediakan. Jangan meremehkan soal ini, karena ada teman dari teman saya yang waktu sponsornya di-telephone ga ngangkat, berakhir dengan visa nya ditolak
Page 4
Page 4 – Point Penting!
10. Funding Details Ingatlah bahwa perkiraan biaya perjalanan kamu harus dapat mendukung lamanya masa tinggal yang kamu nyatakan di kolom sebelumnya. Jumlah uang pada rekening koranmu harus lebih tinggi daripada jumlah biaya yang akan kamu masukkan di sini
Page 5
Page 5 – Point Penting! Date of application diisi dengan tanggal permohonan kamu mengajukan formulir, BUKAN tanggal waktu kamu mengisi formulir. Jika kamu berusia di bawah 17 tahun, orang tua / wali kamu yang harus menandatanganinya

Bagaimana cara mengecek Online apakah Visamu telah disetujui atau belum?

Kamu bisa klik di link ini Korea Visa Portal – Cek status persetujuan visa online

Setelah masuk ke halaman utama, pada kolom Type of Application pilih Diplomatic Office, kemudian pilih Passport No – Masukkan nomor passport kamu. Kemudian masukkan nama dan tanggal lahir. Lalu press Search! Apabila aplikasi Visa Korea mu tertulis Application Received Itu berarti visa mu masih dalam proses. Jika sudah berubah menjadi Approved itu berarti visa-mu sudah resmi disetujui.

Berikut point penting – rangkuman singkat PERSYARATAN VISA KOREA SELATAN

002

Namun apa yang terjadi bila Permohonan Visa Korea mu ditolak?

Adakah yang bisa kamu lakukan jika hal buruk ini terjadi? Saya cuma bisa menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kamu bisa mengajukan permohonan kembali setelah 6 bulan berikutnya. Setidaknya bukan cintamu yang ditolak.

Hidup masih panjang, teman. Masih ada kesempatan lain. Jangan terlalu dipikirkan. Makan lah chocolate dan ice cream kesukaan mu sebagai penawar hati yang pilu. Selagi menunggu 6 bulan lagi, mungkin kamu bisa mengunjungi ke 12 negara yang passport Indonesia boleh masuk tanpa harus apply visa, yaitu Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Hongkong, Macau, Brunei, Filipina, Chile, Turki, Moroko, dan Peru.

Jika kamu sudah mengajukan semua persyaratan visa tetapi belum mengetahui visa mu lolos atau tidak, berpikirlah positive. Yakinlah bahwa kamu akan berenang-senang di Korea, feel good about it! search Google tempat mana aja yang pingin kamu datengin dan makanan apa aja yang pingin kamu cobain.

Kadang dengan berpikir kita akan segera berada disana, mengimajinasikan dalam khayalan asyiknya guling-guling di salju, nikmatnya ngemut jajangmyeon sampe celemotan, berfoto dengan baju tradisional Korea di Gyeongbongguk Palace, menenteng barang belanjaan di Myeongdong. Kadang kekuatan imajinasi tingkat tinggi mampu merubah semua yang baru sekedar angan-angan menjadi kenyataan.

“Whatever you believe with feeling becomes your reality.” – Brian Tracy

IMG_7871
Great view of Seoul from my plane window
Advertisements

65 thoughts on “Tips agar Visa Korea mu disetujui! Disertai Syarat Pengajuan dan Panduan Mengisi Formulir Aplikasi Visa Korea 2018

  1. mas mau nanya , kalo bikin visa korea lewat nusantara tour (travel agent) form aplikasi visanya diisi sama kita sendiri atau diisikan travel agennya ya mas?

    Like

    1. Diisi sendiri aja mbak. Bisa aja si minta tolong agent buat ngisiin, tapi lebih baik diisi sendiri karena takutnya kalo diisiin pihak agent kadang kurang teliti. Tergantung pegawai travel agentnya juga. Lebih baik ngisi formulir sendiri lalu minta cek ulang petugas travel agent nya, bila mungkin ada beberapa kesalahan bisa dibenerin. Karena ada beberapa data pribadi yang kita lebih tahu dan lebih mengenal rekening koran keuangan sendiri, dicocokkan dengan isi di formulir

      Like

      1. Mas nusantara tour sama dwidaya tour juga panorama tour pelayanan nya untuk pembuatan visa bagus mana mas? Mohon infonya mas🙏

        Like

      2. Surat sponsor wajib. Caranya seperti contoh saya diatas. Menjelaskan bidang usaha Pak Kusnadi. Disertai logo, kop surat, dan cap bila perlu. Lalu ada pihak kedua, bisa adik atau orang tua ayng menjamin Bapak akan kembali ke Indonesia

        Like

  2. Wahhh… jd deg2 an.. pdhal plan perginya msh tahun depan. Tp persiapannya ud dr skrg spy nnti ga dtolak😂😂😂
    Makasiii buat critanya… bner2 bermanfaat😇😇😇

    Like

    1. Iya, deg deg-an nya ngalahin kencan pertama. Dari jauh-jauh hari dipersiapkan makin bagus, biar tar pas mendekati hari nya tinggal cusss! Rekening koran nya makin rapi en melimpah, en syarat-syarat dokumen nya dah siap. Sama-sama Rian, senang bisa membantu. Visa nya pasti di-approved tar, Amin!

      Like

  3. Mas mau nanya,, kl ibu rumah tangga apa sponsorny diisi nama suaminya kah??adakah syarat2lain yg musti dtambahkan?? trus untuk bukti keuangan,apakah saya jg hrs, katakanlah py uang d tabungan saya sendiri ato bisa gabung jadi satu dgn suami??

    Like

    1. Betul mbak, jadi surat sponsor nya ada 2. Yang pertama isinya: suami mbak menyatakan akan menanggung semua biaya anggota keluarga yang ikut berangkat. Misal, Do hereby certify that the following individuals: Mrs. Reena No Passport A174549 Position/relation Wife of Mr. X. We will travel to South Korea for holiday, which depart from Jakarta on May 2013 for 13 days. All the expenses during the trip will be borne by My Self (suami mbak) tanda tangan sponsor paling bawah suami mbak. Yang kedua isinya sama cuma HRD atau Owner dari perusahaan suami mbak bekerja, menjamin mbak Reena dan suami akan pulang ke Indo. Jangan lupa mencantumkan Akta Nikah sebagai bukti hubungan. Akte kelahiran anak kalo bareng anak juga diikutkan.Kalo pede dengan uang ditabungannya mbak Reena, diikutkan lebih baik, jadi 2 rekening koran suami istri. Tapi temen saya yang istrinya ibu rumah tangga, juga pernah ngajuin pake satu rekening koran suaminya aja sebagai penanggung jawab seluruh keluarga. Intinya satu cukup, dua lebih baik. Barusan saya update, berikan contoh surat sponsor bila pergi bersama anggota keluarga di post an ini, mbak Reena bisa liat disitu ya… semoga membantu.

      Like

  4. Makasih banyak ya mas steve,sdh dbantu buatin surat sponsornya,, alhamdulillah visa saya kmrn di approved,,dr blog ini jg saya dpt banyak gambaran ttg korea,, benar2bermanfaat,, tks alot

    Like

  5. Halloo, mau nanya dong.. Rencananya saya pergi bareng mama dan adik yg masih mahasiswa (papa tidak ikut). Jadi bisa gak ya dokumen papa seperti NPWP, Buku tabungan, dan spt menjamin kami bertiga? atau hanya bisa menjamin mama dan adik?

    Like

    1. Bisa kok Mer, kamu harus ngelampirin Surat Sponsor bermaterai 6000 dari papamu dan bukti keuangan (rekening koran) NPWP SIUP milik papamu. Kalo adikmu kan masi kuliah lampirin Surat Keterangan mahasiswa, jangan lupa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sebagai bukti hubungan darah. Kalo kamu sudah cukup umur, dan pede dengan duit tabungan mu lebih baik dicantumin rekening koran, SIUP, mu juga, untuk semakin mendukung. Jadi kaya temen saya pernah cantumin 2 rekening koran papa sebagai penjamin dan rekening koran dirinya sendiri. En kebetulan Visa nya lolos! semoga membantu

      Like

  6. Salam kenal, infonya ngebantu banget, tapi mau nanya nih kalo npwpnya dibawah ptkp kan ga lapor spt pribadi, syarat lainnya apa ya, apa harus ngelampirin spt perusahaan juga atau cukup surat keterangan resmi bahwa penghasilan masih dibawah ptkp.
    satu lagi, kalo agen nusantara tour yg di bandung ada ga ya, hehe

    makasih sebelumnya

    Like

    1. Salam kenal juga Dian. Surat keterangan resmi penghasilan dibawah PTKP menurut saya cukup. Pernah ada teman yang ga mencantumkan surat keterangan hanya NPWP nya saja juga diapprove visanya. Nusantara setau saya ga ada si di bandung. Mbak bisa coba masukin via Travel agent lain yang bisa ngurus visa kaya Dwidaya Tour Bandung. Semoga bermanfaat info nya

      Like

  7. Ngurus visa korea selatan memang bikin deg-deg an. Sewaktu tahun 2015, aku sampai di panggil untuk datang ke Kedubes Korea Selatan di Jakarta untuk interview. Tapi Alhamdulillah, visaku lolos. Aku rencananya tahun depan mau ke Korsel lagi, tapi ingin buat yang multiple visa, tapi takut ditolak. Karena yang aku tahu, untuk urus multiple visa ada syarat minimal 1 atau 2 kali ke Korea dan pernah ke Negara OECD. Diatas disebutkan untuk single visa ada 2, untuk kunjungan dibawah 90 hari dan di atas 90 hari. Kalau untuk yang di atas 90 hari itu berarti brp bulan ya? Apakah sampai 6 bulan? Terima kasih.

    Like

  8. mau nanya, saya baru buat passport sekitar 3 bulan lalu, dan passport saya masih kosong, apakah berpengaruh ketolak?

    Like

  9. Salam kenal,
    Mau tanya kalo sedang tidak bekerja tapi di rekening saldonya cukup untuk biaya hidup disana apa bisa di tolak juga??
    Thnks.

    Like

  10. hallo. saya mau tanya dong. kalo usaha sendiri kan ga ada spt21 ya. bukti potong juga ga ada karena pph final. itu kasih sptnya gimana ya? apa yang bukti penerimaan spt tahunan sudah cukup?

    Like

  11. Hi… Salam kenal ya…
    Mau tanya boleh?
    Kalau saya rencana untuk menikah apakah sesulit utk wisata?
    Dan apabila saya bukan type pecinta menyimpan uang di tabungan apa akan bermasalah ya?
    Karena saya biasa menyimpan uang di bank mama, alias titip uang ke mama. ( karena saya type boros utk urusan duit, kalo liat duit ada di atm gatel buat gesek)
    Trus npwp saya kan pribadi pembayarannya, wkt itu saya sempat 2thn ngk kerja jd saya sempet ngj byr NPWP skrng dah mulai kerja lagi tp lupa dmn NPWP saya.. Bermasalah kah?
    Trm ksh ya..

    Like

    1. Betul mbak, jadi surat sponsor nya ada 2. Yang pertama isinya: suami mbak menyatakan akan menanggung semua biaya anggota keluarga yang ikut berangkat. Misal, Do hereby certify that the following individuals: Mrs. Blue Diary No Passport A174549 Position/relation Wife of Mr. X. We will travel to South Korea for holiday, which depart from Jakarta on May 2013 for 13 days. All the expenses during the trip will be borne by My Self (suami mbak) tanda tangan sponsor paling bawah suami mbak.

      Yang kedua isinya sama cuma HRD atau Owner dari perusahaan suami mbak bekerja, menjamin mbak dan suami akan pulang ke Indo. Jangan lupa mencantumkan Akta Nikah sebagai bukti hubungan. Akte kelahiran anak kalo bareng anak juga diikutkan.

      Like

  12. Kak, mau nanya untuk bagian pemotongan pajak penghasilan.
    Kebetulan penghasilan dibawah 60jt pertahun, gak kena pajak dan aku baru pindah kerja dimana tempat kerja yang baru gak ada ngasi bukti pemotongan itu.
    Terus solusinya aku musti lampirkan yg mana ya kak?
    dan kalo kita mau ngajuin visa lebih dari 3 bulan sebelum keberangkatan apakah boleh?
    Thanks kak 🙂

    Like

    1. Kalo penghasilan ga kena pajak, ga perlu melampirkan SPT. Mengajukan visa hanya bisa 3 bulan sebelum keberangkatan. Kalo kamu ngajuin terlalu awal, masa berlaku visa nya nanti abis duluan sebelum kamu sampai disana. Jadi pasin dengan waktu paling lama 3 bulan sebelum keberangkatan

      Like

  13. Kak, mau tanya apakah pengajuan visa ini bisa dititipkan?
    Jadi karena mama saya ada di luar kota, rencananya saya mau urus visa mama saya.
    Tidak harus orang yang mengajukan datang langsung ke kedubes kan kak?

    Like

      1. Kak untuk point 8 (details of sponsor), apakah perlu diisi kalo anaknya yg biayain trip orang tuanya?
        Saya ragu takutnya itu sponsor yg dimaksud khusus perusahaan gitu. Makasih kak sebelumnya 🙂

        Like

      2. Harus diisi. Dalam hal ini kamu sebagai anak yang mensponsori ibu. Kecuali, jika ibumu yang menanggung biaya perjalanannya sendiri. Seperti rekening koran yang berasal dari tabungan ibumu, maka tidak perlu diisi. Tapi jika semua biaya kamu yang tanggung atas namamu, kolom ini harus diisi dan jangan lupa mencantumkam bukti yang berhubungan

        Like

  14. minta pncerahannya dong.. rncna mau k korea bareng suami.. tapi suami posisi krjanya d lombok,saya nya d manado dan alamat saya dan suami pastinya d mdo..sponsornya.. bingungnya mau ambil rek.koran sma ref.bank nya dmna yah ? apa di daerah t4 suami krja/ sesuai daerah kami tinggal yah ?

    Like

    1. Sebenarnya ga jadi masalah mau bikin rekening koran dimana saja. Yang penting transaksi dalam tabungan tersebut. Jangan lupa bawa buku tabungan dan KTP saat hendak membuat rekening koran.

      Like

      1. satu lgi mau tnya.. SPT nya suami kan di lapor online..nti kan klo mau di print SPT PPH 21 nya gak ada cap sama paraf dr kontor pajak nya.. itu gimanayah.. apa gak papa ?

        Like

    1. Pede aja selama rekening koran rapi. Dokumen lengkap. Mungkin ini jadi visa pertama anda melanglang buana. Seperti cinta, selalu ada resiko untuk patah hati. Kalo khawatir mulu, kita ga akan berangkat-berangkat ke negara impian

      Like

  15. Thanks for sharing bro. Btw, aku punya beberapa pertanyaan nih. Mohon pencerahannya.
    1. Jadi gini, Rencana aku sm calon istri,mau honeymoon ke korea awal januari besok. Nah, kan rencana nikah akhir desember,habis itu langsung cus ke korea. Pastinya waktu mengajukan visa blm ada surat nikah,kalau kita bikin visa’nya sendiri2 pake rekening koran sendiri2,gak masalah kan ya?
    2. Kan kita booking hotel cm 1 kamar,gpp kan dia waktu ngajuin visa pake bukti booking hotel a.n aku? (Kalau di tiket pesawat kan ditulis nama kita berdua) apa perlu dia bikin dummy booking sendiri?
    3. Kalau rekening’ku kebetulan memang khusus buat nabung dan gak banyak keluar masuk dana tp cuma rutin masukin dana di tanggal2 gajian yang besarnya antara 3-4jt gitu aman gak ya?atau bakalan dicurigai?minta saran dong?
    4. Untuk SPT,karena aku baru mulai dipotong pajak dari kantor di Tahun ini,kalau cuma nglampirin bukti potong pajak 1 atau 2 bulan gmn kira2 ya?atau harus setahun full?
    Maaf kalau banyak nanya ya bro. Biar jelas dan mengurangi kegelisahan hati. Terimakasih sebelumnya.

    Like

    1. 1. Ga masalah kok. Seperti teman yang sedang traveling bareng.
      2. Ga perlu. Pake bookingan hotel salah satu saja cukup. Menjelaskan kalo kalian berdua traveling bareng. Saya pernah satu hotel bareng temen rame-rame pake bookingan hotel yang sama. Yang penting ngajuinnya bareng.
      3. Aman banget. Lebih banyak pemasukan lebih dipercaya. Malah rapih ga ada keluarnya tapi setahun penuh. Rekening korannya dibuat sampai 6 bulan terakhir agar memperkuat kepercayaan kedubes.
      4. 1-2 bulan ga masalah. Jangan lupa mencantumkan fotokopi NPWP.

      No problem, Bro. Jangan lupa itinerary nya dibuat sedetail mungkin. Dan kalo bisa, passpor sudah ada isinya, biar makin yakin visa nya bakal lolos. Good luck!

      Like

      1. Oh,perlu lampirin itinerary jg ya?sip deh,aman..kebetulan udh tak buat sih itinerary’nya..hehe.. kebetulan juga udah ada isi’nya sih passportku.. walaupun cuma ke negara2 Asia Tenggara.. hehe.. Amin-Amin.. Oke deh,Thank you banget ya bro buat sharing dan pencerahan’nya. Gbu

        Like

      2. O,iya.. tanya lagi bro.
        1. Perlu sertain copy KTP gak?kalau perlu kan itu KTPku (udah e-ktp sih) cuma yg mSih ada tgl kadaluarsanya.. gpp kan y?
        2. Kan daTa di e-KTP sama di KK, pekerjaan masih pelajar/mahasiswa, padahal kan aku udh kerja?masalah gak ya?atau perlu datanya diperbaharui dulu?soalnya sih pengennya perbaharui datanya sekalian hbs nikah biar gak bolak-balik ke kelurahan.

        Like

  16. Halo selamat siang kak, saya mau tanya, saya tidak punya npwp karena saya baca-baca orang dengan penghasilan di atas 4jt yang baru ada wajib pajaknya, apa itu benar kak? Lalu jika saya melampirkan npwp punya ayah saya tidak masalahkan? Untuk rekening koran yang digunakan rekening pribadi saya apa perlu rekening ayah saya juga karena pakai npwp ayah? satu lagi kak rekening yang ‘rapi’ itu bagaimana? Terimakasih

    Like

    1. Kalo biaya yang ditanggung selama perjalanan bukan sponsor dari orang tua, kamu wajib melampirkan NPWP dan rekening koranmu sendiri. Rekening yang rapi adalah histori transaksi dalam rekening tersebut tidak ada uang dalam jumlah banyak yang keluar secara berlebihan, atau masuk secara tiba-tiba. Pengeluaran dan pemasukan stabil sehingga bisa dipercaya

      Like

      1. Kalau saya tidak punya npwp bagaimana kak? atau jika saya membuat npwp namun masuk dalam PTKP (penghasilan tidak kena pajak) karena saya masih fresh graduate dan gaji belum termasuk wajib pajak apakah tidak masalah?

        Like

  17. Mas mau nanya, saya kan guru honorer, tapi saya juga saat ini melanjutkan kuliaah di universitas T , jadi saya lampirkan saja juga ya mas surat keterangn masih kuliah dan kerja, untuk siup sendiri itu kan untk perdagangan kan ya. Klo sekolah kam ga ada siup ya, apalg ini sekolah negeri

    Like

    1. Betul. Mbak Linda cukup melampirkan Surat keterangan dari Universitas dalam bahasa Inggris menggunakan kertas berlogo dengan nama, alamat dan kontak institusi. Isi surat menerangkan tentang diri sejak kapan mulai bekerja/sekolah di situ dan posisi di organisasi, misalnya karyawan tetap, mahasiswa, dan sebagainya. Menyatakan bahwa Mbak Linda memperoleh ijin untuk meninggalkan pekerjaan/sekolah selama trip berlangsung.

      Dan juga menjelaskan apakah biaya perjalanan ditanggung sendiri atau oleh perusahaan/ universitas. Menjamin bahwa Mbak Linda akan kembali ke Indonesia setelah trip selesai. Jangan lupa mencantumkan slip gaji 3 bulan terakhir pada surat keterangan untuk memperkuat pernyataan

      Like

  18. saya mau tanya, saya mahasiswa yang akan bersolo traveling ke korea di bulan januari nanti. Saya dijamin orang tua saya, namun Orang tua saya adalah seorang wiraswasta dan tidak mempunyai SPT PPh 21. Apa yang harus saya lakukan?

    Like

    1. Tidak masalah. Yang penting, pilih rekening yang menampilkan transaksi keluar masuk nya paling rapih. Yang menampilkan citra Pak Kusnadi dapat dipercaya kedubes, memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di Korea

      Like

  19. selamat malam mas, mau tnya. untuk alamat yang di point 4.1 itu alamat sesuai KTP atau tinggal sekarang ya? soalnya alamat KTP ku di surabaya tp tinggalnya di jogja. terus masalah pemesan tiket pesawat dan hotel kn memang bikin galau ya yang mana duluan yang harus dipesan, apalagi kalau visa ditolak baru bisa ngajuin lagi 6bln kedepan. Jadi baiknya gimana ya?? PD gak PD nih soalnya klw inget ngajuin visa tuh kek naek roller coaster deg2annya :’)
    perginya masih Nov thn depan tp skrng udh kudu prepare bnr2

    Like

  20. Mas,mau tanya bebeerapa hal mengenai pengajuan visa
    1. Form aplikasi apakah harus menggunakan kertas A4 80 gr? Kalau 70gr saja bagaimana?
    2. Saya mau buat visa utk mama saya.. mama saya tidak bekerja dan tidak punya npwp tetapi pembiayaan akan melampirkan rekening sendiri. Papa saya sdh meninggal jd bagaimana dgn SPTnya?
    Terima kasih infonya

    Like

    1. 1. A4 70gr ga masalah
      2. Kalau bisa menyempatkan diri membuat NPWP di kantor pajak terdekat. Kalo Silvi sudah punya NPWP, saya rasa sudah cukup untuk menjamin keberangkatan Silvi dan mama. Silvi juga bisa membuat surat pernyataan bahasa Inggris, yang menyatakan Christy akan menjamin diri dan mama pasti akan kembali ke Indonesia

      Like

  21. Mas, boleh tanya?
    Saya rencana mau berangkat ke korea sekeluarga (ayah, ibu, dan 3 adik). Saya sendiri sudah bekerja tapi rencana liburan ini semuanya dibiayai ayah saya. Menurut mas baiknya saya lampirkan surat keterangan dari kantor saya juga atau cukup dari kantor ayah dan surat dari ayah saya sendiri ya?
    Lalu, kalau kasusnya kaya gini, adik2 saya yang masih sekolah dan kuliah tetep perlu surat keterangan sekolah/kuliah atau cukup dari ayah saya saja?
    Terima kasih banyak 🙂

    Like

  22. Mau curhat sedikit,saya dari kecil hidup dipanti tanpa orang tua kandung atau pun saudara kandung tapi saya ingin bercita² ingin menjadi orang sukses atau pun bisa traveling keliling dunia salah satu nya ke luar negeri sedangkan saat ini umur saya baru menginjak 20th,Nama saya LUKMAN HAKIM. Saya sudah mulai bekerja Februari 2018 saya ingin sekali pergi ke luar negeri (Amerika serikat,Korea dll) tapi saya sampai saat ini bingung apa yang harus saya lakukan untuk kesana??? Menabung sudah,tapi tidak banyak atau tidak memenuhi persyaratan di luar negeri. Sekian

    Jika ada masukan pendapat mohon bantuannya.
    Terima kasih.😄

    Like

  23. Kak, bulan depan saya mau ke korea. Sekarang sedang persiapan berkas untuk buat visanya. Pekerjaan saya guru honorer di 2 sekolah, saya mencantumkan surat keterangan bekerja dari sekolah kedua-duanya atau cukup 1 saja? Terus apa perlu juga melampiran surat sponsor kak? Untuk SPTnya saya nihil tp ada bukti terimanya itu dilampirkan juga? Mohon informasinya ya kak. Asli saya degdegan banget 😦

    Like

  24. Thank you untuk postingannya, sangat membantu bgt untuk kita yang lagi deg-degan untuk apply visa korea juga, terutama saya yang sudah booked hotel dan tiket pesawat.

    Kalau saya istri yang mensponsori suami, apakah bisa ya untuk rekening korannya hanya melampirkan punya saya saja sebagai pihak yang mensponsori?

    Apabila rekening koran dari rekening yang aktif, nominalnya terbatas, tapi saya punya limit deposito yang cukup besar, apakah itu bisa jadi bahan pertimbangan ya? kalau sebenarnya saya punya uang, hanya saja sebagian besar pendapatnnya saya alihkan ke deposito.

    Kalau saya berangkat tanggal 6 Maret, baiknya saya apply visa per kapan ya?

    Like

  25. Hi, untuk yg memilki usaha sendiri jika hanya melampirkan SKU dan NPWP saja tidak apa2 ya? Karena usaha hanya online shop kecil aja, lalu bagian SPT kalau bisnis sendiri tidak mendapatkan bukti potong pajak kecuali bekerja di kantor, jadi untuk SPT yg memiliki bisnis online, melampirkan copy SPT yg mana ya? Pembayaran pajak seperti bukti transfer ke pajak setiap bulan nya atau formulir SPT 1770 yg telah di isi atau bukti pelaporan surat yg warna kuning? Thanks

    Like

    1. Bantu jawab ya. Aku juga sempet bingung karena posisinya mirip. punya sku dan npwp tapi ga punya siup.

      Sebelom aku apply. Aku akhirnya bikin siup buat meyakinkan kalo usahanya bener2 jelas, karena takut banget kalo visa kena tolak. Gratis koq di bp2t, syaratnya cuma skdu aja tinggal urus di kelurahan dan proses semuanya 1 minggu selesai. Mending diurus mumpung gratis apalagi kalo emang usahanya bener2 pokok. Nolong banget buat ngajuin visa, kartu kredit, dll.

      Untuk SPT, karena online shop kena pph final, tinggal lampirin bukti pembayaran pajak tiap bulan (waktu kemaren aku lampirin bukti setor pajak yang ada ntpn dari dari januari 2018 sampe agustus 2018 pas waktu pengajuan visa). Kalo pajaknya pake yang norma pasal 25, lampirin spt tahunan 1770.

      Kalo pernah punya visa2 negara oecd, Schengen, australia, dll. kasih copynya juga, di paspor lama gpp. Ini bakal nambah jaminan keterima visanya.

      fyi, visa aku diapproved, setelah penantian panjang dilemma ngajuin visa karena cuma usaha onlineshop doang, setelah nyari info sana sini dengan kasus serupa ga ada yang bisa bantu jawab. Semoga membantu ya. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s