Tips agar Visa Korea mu disetujui! Disertai Syarat Pengajuan dan Panduan Mengisi Formulir Aplikasi Visa Korea 2018

Ngajuin visa itu ibarat kita lagi ikut seleksi Indonesian Idol. Kamu memperkenalkan diri, lalu berusaha menampilkan semua yang terbaik yang ada pada dirimu. Kemudian berharap-harap cemas pada akhir nya nanti akan dapet jawaban “Ya, anda lolos! bawalah Golden Ticket ini pulang”. Lalu kita melompat girang sambil menonjokkan tangan ke udara “Yeah! Argghhhh!” mata kita memerah karena terharu bahagia, dada kembang kempis, jantung serasa mau muncrat lalu kita merasakan kelegaan yang semriwing. “Aaaah… akhirnya. Bisa jalan-jalan dengan tenang”. Kelegaan yang bisa membuat kita menuju puncak gemilang cahaya mengukir cinta seindah asa.

IMG_6719.jpg
Oppa Song Bo Kong sedang menikmati mandi salju di Seoul

Damn, seperti itulah perjuangan yang kita perlukan hanya untuk jalan-jalan atau refreshing ke negeri orang. Kadang kita berpikir ngapain si mau seneng-seneng aja dipersulit. Sebenarnya bukan dipersulit, melainkan sudah menjadi nasib kita sebagai pemegang Passport di negara berkembang. Wajar si, negara-negara maju tidak ingin kita asal masuk lalu menjadi imigran ilegal dan mencari pekerjaan di negara mereka. Mau tidak mau, suka tidak suka perjuangan agar visa kita di approve menjadi lebih ketat. Kita harus mengisi berbagai pertanyaan dalam formulir aplikasi visa, membawa dokumen pribadi,  menunjukkan jumlah rekening kita yang ada di bank, membayar sejumlah uang visa yang ga murah, dan kemudian menunggu kabar tanpa kepastian. Dan jika visa ditolak, uang yang sudah kamu bayarkan tidak dapat dikembalikan. Itulah mengapa saya membuat panduan ini  dan men-share apa yang saya tahu dan apa yang sudah saya alami sendiri. Sehingga mungkin bisa memperbesar peluang Visa Korea mu disetujui. Terlepas dari semua keribetan, mendapatkan visa menjadi sebuah tantangan yang begitu membahagiakan saat kamu telah meraihnya.

Yang pasti saya tidak akan menjamin bahwa petunjuk dalam blog ini akan membuat permohonan visa-mu disetujui 100%. Tidak ada yang bisa memberi kamu jaminan bahkan pengacara, konsultan, travel agent, atau pegawai kedutaan. Siapa pun yang mengatakan sebaliknya kemungkinan besar adalah penipu ulung atau si raja gombal. Hanya Tuhan dan juri-juri Kedubes Korea yang tahu apakah visa mu akan disetujui atau tidak. Meskipun kamu memiliki teman yang memiliki penghasilan yang sama dengan kamu dan udah duluan mendapatkan visa yang ingin kamu ajukan bukan berarti visa mu akan langsung disetujui juga. Hal ini dikarenakan setiap konsulat mempertimbangkan berbagai macam faktor. Isi passport, latar belakang, isi dalam formulir, hal-hal detail kecil yang ada pada temanmu atau orang lain tidak akan selalu sama dengan-mu. Lain cerita jika kamu perginya ke Korea Utara, dan kamu kenal dekat alias sohib akrab dengan Kim Jong-Un. Kamu mungkin akan langsung mendapat VIP access, jalur bebas hambatan menuju gaya rambut klimis menantang langit.

Beli tiket pesawat dulu atau bikin visa dahulu?

Memang terkadang sangat tidak dianjurkan untuk membeli tiket pesawat dahulu sebelum mendapatkan visa, tapi apa mau dikata bila kita memesan tiket lebih mepet, biaya tiket akan terlampau mahal. Promo menarik dari berbagai maskapai penerbangan yang biasanya harus memesan jauh-jauh hari, membuat kita tergiur, yang pasti akan sangat menghemat budget traveling seru kita nantinya. Sebuah kegalauan yang diibiratkan mana duluan yang ada di dunia ini, “telur atau ayam?” pertanyaan yang dijawab dengan kata “tergantung” dan bisa diperdebatkan siang dan malam ga selesai-selesai. Karena jawaban untuk tiap orang berbeda. Tergantung tebal atau tidaknya dompetmu alias jumlah duit yang ada di rekeningmu, tergantung apakah duit tak jadi masalah jika membeli tiket mepet, tergantung passportmu isinya kosong melompong apa engga, tergantung kamu pede apa engga dengan kelengkapan dokumen pribadi dan formulir mu, tergantung kamu yakin apa engga bahwa visamu pasti lolos, tergantung apakah kamu setenar Agnez-Mo yang bisa “Go International” dengan kece badai.

Ada berbagai jenis visa Korea Selatan seperti visa untuk pelajar, visa untuk bisnis, visa untuk bergabung dengan keluarga dan sebagainya. Untuk blog ini, saya hanya akan memberikan panduan persyaratan untuk visa turis karena merupakan pengalaman yang saya alami sendiri. Namun, jika tujuan kunjungan mu bukan sebagai turis, kamu bisa langsung klik di link ini Informasi Visa Korea untuk informasi persyaratan lengkap jenis visa lainnya.

Kapan waktu paling awal untuk bisa mengajukan permohonan Visa Korea Selatan?
Kamu bisa ngajuin permohonan Visa Korea tiga 3 bulan atau 90 hari sebelum tanggal keberangkatan yang kamu rencanakan. Dan inilah sekiranya semua persyaratan yang saya cantumkan saat mengajukan visa Korea Selatan di kesempatan yang terdahulu:

1. Passport yang masih berlaku minimal 8 bulan

Perkenalkan dirimu dengan indah. Tunjukkan bahwa kamu sering jalan-jalan dan selalu bepergian dengan rapih. Jangan lupa mengikutsertakan passport lamamu. Cap paspor mu disini ibarat CV saat sedang melamar kerja. Sekalipun bukan faktor penentu, ada baiknya menunjukkan kepada juri-juri kedubes kesan baik dari pengalaman Traveling yang telah kamu jalani sebelumnya. Kesan yang memberitahukan bahwa kamu selalu balik ke kampung halaman dan tidak pernah overstay melewati batas waktu di luar negeri. Pastikan kamu memiliki minimal 8 bulan sisa masa berlaku paspor. Jika tidak, perpanjang passport dahulu sebelum mengajukan visa.

2. Surat Sponsor dari perusahaan tempat anda bekerja dalam Bahasa Inggris

Lengkapi segala dokumen secara detail. Periksa ulang sebelum menyerahkan. Kadang kita berpikir ah ga papa deh ga ada ini, cuma surat sponsor ini. Ga da 1-2 dokumen adalah hal yang biasa. No! kamu ga bisa ngarepin petugas kedutaan untuk mengatakan “Oh, it’s OK, besok balik kesini lagi ya. Bawa dokumen yang belum dibawa.” Sebaiknya kirimkan semua dokumen sekaligus karena kebanyakan kedutaan dan travel agent yang menyampaikan tidak akan menerima permohonan visamu jika tidak lengkap. Hindari membuang-buang waktu dan duit bensin. Serahkan semua dokumen secara rapi dan terorganisir. Hal ini untuk mempermudah daftar periksa juga untuk memberi gambaran singkat kepada Kedubes bahwa kamu telah menyiapkan semua yang dibutuhkan.

Surat sponsor merupakan sebuah surat jaminan yang berisi tentang pernyataan bahwa anda akan kembali ke negara asal dan tidak akan menetap untuk mencari pekerjaan dalam bentuk apapun di negara tersebut. Dalam hal ini karena saya selaku pemilik toko sebuah usaha, saya mencantumkan 2 surat sponsor , yang pertama saya menjamin diri saya sendiri, dan yang kedua yaitu orang lain atau pihak kedua: bisa keluarga ataupun HRD jika kamu bekerja di sebuah perusahaan ataupun dalam hal ini adik saya, yang menandatangani surat sponsor dan menjamin saya akan kembali ke negara asal saya. Contoh surat sponsor yang saya buat, dengan Bae Suzy sebagai sekretaris sexy saya. (Ngimpi!)

Surat Sponsor Korea Steven.jpg
Contoh Surat Sponsor salah satu dari HRD atau Owner dari perusahaan tempatmu bekerja
Korea sponsssss Jpeg.jpg
Contoh Surat Sponsor jika kamu pergi bersama anggota keluarga

3. Photocopy SIUP/TDP/HO/NPWP ( Jika pemilik toko / perusahaan )

Hanya kirimkan dokumen asli. Jangan pernah mencoba mengirimkan dokumen palsu. Ada kemungkinan besar kamu tidak hanya akan ditolak, tapi juga akan dibanned seumur hidup. Kamu bisa memilih salah satu dari SIUP atau TDP atau HO. Tapi saya berpikir akan lebih baik jika mencantumkan semuanya. Maka saya mencantumkan semua fotocopy SIUP, HO, TDP, dan NPWP. Intinya semakin lengkap semakin OK OCE.

4. Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank

Setiap kedutaan ingin kamu meyakinkan mereka bahwa kamu memiliki cukup uang untuk membiayai semua kebutuhanmu sendiri saat berada di negara mereka, karena jika tidak, pihak kedutaan akan meragukan tujuan mu untuk mengunjungi negara mereka. Pakailah rekeningmu sendiri apabila tersedia dana yang mencukupi atau bahkan turah turah bak cucu konglomerat Chaebol, atau gunakan rekening wali/orang tua/suami/saudara jika kamu masi belum memiliki penghasilan sendiri. Atau gabungkan rekening kedua nya, jika kamu merasa perlu, jadi dalam bentuk support sponsor dukungan oleh orang tua misalnya. Namun hati-hati jika menggunakan rekening dari wali, adik dari teman saya yang masih kuliah pernah ditolak Visa Jepangnya karena memakai rekening wali, yang merupakan orang tua nya sendiri. Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya karena ada banyak faktor sebuah visa bisa ditolak. Mungkin selain karena ini, kemungkinan besar juga karena memang dia belum pernah kemana-mana sebelumnya, alias cap di passport-nya kosong melompong.

money

“Berapa jumlah minimum uang yang harus saya tunjukkan di rekening koran bank saya?”

Pertanyaan mendasar yang paling sering ditanyakan waktu kita hendak bikin visa. Sesuatu yang saya tidak bisa jawab secara absolut, karena setiap negara memiliki persyaratan minimum sendiri tergantung juga pada berapa lama masa tinggal mu di negara itu. Tapi berdasarkan pengalaman saya membuat Visa Korea, pihak kedubes  mengharuskan kamu memiliki minimal 80,000 Won atau sekitar Rp. 1 juta per hari dari masa tinggalmu di Korea. Itulah mengapa saya menyarankan agar kamu memiliki dua kali lebih banyak dari uang minimal tersebut. Saya menggunakan sistem kelipatan, berapa hari kamu stay di Korea x Rp 1 juta. Misal, kamu ke Korea 12 Hari, berarti persiapkan 12 x 2 juta = 24 Juta didalam rekening kamu. 12 juta untuk kamu hokya hokya abisin di Korea. 12 juta untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk balik dan kembali menjalani hidupmu yang penuh drama.

Jika mutasi rekening tidak banyak debit kreditnya atau jumlah uang di rekening kurang ideal. Keluar masuknya ga jelas tiap tanggal berapa, jumlah kredit pemasukan nya tidak menentu. Salah satu cara untuk memperkuat bukti kalau kita punya cukup uang untuk traveling ke Korea dan menunjukkan uang itu bukanlah “titipan” adalah dengan mem-print rekening koran lebih dari 3 bulan, misal 6 bulan.

5. Photocopy KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Nikah (kalo sudah kawin), Surat Ganti Nama jika Ada

Jika kamu pelajar, harus melampirkan Scan Kartu Pelajar / surat keterangan sekolah untuk anak. Juga melampirkan keterangan dari kampus/sekolah yang mencantumkan nama, no. induk mahasiswa, jurusan, dan program yang diambil (S1/Diploma).

6. Bukti Pembayaran Pajak (SPT21)

Berikan bukti sebanyak mungkin. Lebih banyak dokumen berhubungan tentang keuangan anda seperti SPT tahunan, tagihan kartu kredit bulanan dan sebagainya, maka akan lebih baik. Dokumen-dokumen ini akan memperkuat kepercayaan kedubes kepada anda. Overdeliver selalu merupakan hal yang baik selama hal-hal yang kamu kirimkan relevan. Jangan mengirimkan dokumen yang tidak berhubungan seperti foto selfie mu di tempat dugem.

7. Pas Foto Warna dengan latar belakang putih ukuran 4×6 (2 lembar)

Pakailah pas foto terbaru, kalo males foto baru lagi,  foto setahun yang lalu ga papa asal kamu awet muda dan terlihat tidak jauh berbeda. Yang penting jangan pas foto waktu kamu balita atau SD. Pastikan bentuk wajah terlihat jelas. Jidat, alis dan telinga terlihat jelas. Jangan pakai softlens dan kacamata. Foto tidak boleh diedit apalagi pakai beauty filter. Zoom standar visa 70%.

8. Konfirmasi Bookingan Hotel, Print out Tiket, Itinerary Jadwal Perjalanan selama kamu di Korea (Optional – Pelengkap)

Tidak diwajibkan, tapi selalu menjadi pelengkap yang baik untuk diikutsertakan. Sebagai nilai tambah untuk menunjukkan bahwa kamu bisa tidur dengan nyaman di negeri orang dan tidak menggembel di bawah jembatan, dokumen yang menunjukkan bukti hotel yang sudah dipesan. Untuk mendapatkan konfirmasi bookingan hotel yang telah di print ini kamu bisa memesan hotel secara online atau melakukan pemesanan dummy melalui aplikasi atau website seperti Booking.com dan Agoda, yang tidak mengharuskan membayar biaya hotel saat itu juga dan bisa kamu cancel misalkan ada perubahan jadwal tanpa dikenakan biaya. Akan tetapi jika kamu menginap di rumah teman atau keluarga, kedutaan akan meminta rincian data tentang “tuan rumah”, seperti copy kartu identitas mereka, alamat tempat tinggal, dan bukti hubungan kamu dengan mereka.

Print out Ticket reservasi penerbangan menjadi bukti dasar yang kuat bahwa masa tinggalmu nanti tidak akan melampaui batas waktu (Overstay). Berikan mereka itinerary rencana perjalanan yang ingin kamu lakukan di Korea nanti, tempat-tempat yang ingin kamu lihat, dan pengalaman serta makanan yang ingin kamu rasakan.

Korea Itinerary

9. Membayar biaya pembuatan Visa Turis senilai Rp. 560,000 (Visa Kunjungan dibawah 90 Hari)

Biaya Pembuatan Visa terbaru 2018 berdasarkan Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) Rp. 560,000
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) Rp. 840,000
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) Rp. 1,260,000
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) Rp. 980,000

Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea.

Buat kamu yang tinggal diluar daerah Jakarta, akan lebih efektif dan efisien bila menitipkan permohonan visa mu melalui travel agent. Seperti saya yang berdomisili di Yogyakarta, menitipkan ke travel agent terpercaya di Nusantara Tour. Tentu ada biaya tambahan untuk ongkos titip dan kirim. Setahun yang lalu saya membayar Rp. 600,000 . Biaya yang boleh dibilang ga mahal karena pihak agent hanya menambah sekitar 50,000 dari biaya yang harus diserahkan ke pihak kedutaan. Biaya travel agent yang lebih hemat daripada kamu harus bolak-balik ke Jakarta. Tiket pesawat aja dah berapa, belum plus plus hotel, nge-mall dan ngemil eksis di Central Park.

10. Menyertakan formulir aplikasi permohonan Visa

Kamu bisa mendownload formulir permohonan visa disini Formulir Aplikasi Visa Korea Pastikan kamu mencetak ini dalam kertas A4. Ada 5 halaman berisi berbagai macam pertanyaan di formulir ini. Ga terlalu banyak jika dibandingkan dengan formulir aplikasi Visa Australia yang tebal nya kaya buku novel, bujubuneng! Tulislah dengan jelas dan tetap rapi, tanpa penghapus atau coretan. Jangan meremehkan detail kecil. It’s the little detail that are vital. Isi dengan seksama sesuai dengan data mu yang sesungguhnya. Berikut saya cantumkan penjelasan dan contoh bagaimana saya mengisi formulir tersebut, tentu dengan data pribadi saya yang sudah saya samarkan untuk menjaga privasi.

Page 1
Page 1
Page 2.jpg
Page 2 – Point Penting! Tuliskan rincian paspor kamu PERSIS seperti yang ditunjukkan pada passport, termasuk tempat dan kantor yang mengeluarkan.
Pastikan kamu memiliki minimal 8 bulan sisa masa berlaku paspor. Jika tidak, perpanjang passport dahulu sebelum mengajukan visa
Page 33.jpg
Page 3 – Point Penting! 8. Details of Sponsor. Do you have anyone sponsoring you for the visa? Centang Yes, jika kamu disponsori oleh orang tua atau perusahaan yang membiayai kepergianmu. Jika kamu mensponsori diri kamu sendiri, centang No. Jika kamu mencentang Yes, maka isi nama sponsor, tanggal lahir/tanggal berdirinya bisnis, hubungannya denganmu, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi di kolom yang telah disediakan. Jangan meremehkan soal ini, karena ada teman dari teman saya yang waktu sponsornya di-telephone ga ngangkat, berakhir dengan visa nya ditolak
Page 4
Page 4 – Point Penting!
10. Funding Details Ingatlah bahwa perkiraan biaya perjalanan kamu harus dapat mendukung lamanya masa tinggal yang kamu nyatakan di kolom sebelumnya. Jumlah uang pada rekening koranmu harus lebih tinggi daripada jumlah biaya yang akan kamu masukkan di sini
Page 5
Page 5 – Point Penting! Date of application diisi dengan tanggal permohonan kamu mengajukan formulir, BUKAN tanggal waktu kamu mengisi formulir. Jika kamu berusia di bawah 17 tahun, orang tua / wali kamu yang harus menandatanganinya

Bagaimana cara mengecek Online apakah Visamu telah disetujui atau tidak?

Kamu bisa klik di link ini Korea Visa Portal – Cek status persetujuan visa online

Setelah masuk ke halaman utama, pada kolom Type of Application pilih Diplomatic Office, kemudian pilih Passport No – Masukkan nomor passport kamu. Kemudian masukkan nama dan tanggal lahir. Lalu press Search! Apabila aplikasi Visa Korea mu tertulis Application Received Itu berarti visa mu masih dalam proses. Jika sudah berubah menjadi Approved itu berarti visa-mu sudah resmi disetujui.

Berikut point penting – rangkuman singkat PERSYARATAN VISA KOREA SELATAN

002

Namun apa yang terjadi bila Permohonan Visa Korea mu ditolak?

Adakah yang bisa kamu lakukan jika hal buruk ini terjadi? Saya cuma bisa menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Kamu bisa mengajukan permohonan kembali setelah 6 bulan berikutnya. Setidaknya bukan cintamu yang ditolak. Hidup masih panjang, teman. Masih ada kesempatan lain. Jangan terlalu dipikirkan. Makan lah chocolate dan ice cream kesukaan mu sebagai penawar hati yang pilu. Selagi menunggu 6 bulan lagi, mungkin kamu bisa mengunjungi ke 12 negara yang passport Indonesia boleh masuk tanpa harus apply visa, yaitu Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Hongkong, Macau, Brunei, Filipina, Chile, Turki, Moroko, dan Peru.

Jika kamu sudah mengajukan semua persyaratan visa tetapi belum mengetahui visa mu lolos atau tidak, berpikirlah positive. Yakinlah bahwa kamu akan berenang-senang di Korea, feel good about it! search di Google tempat mana aja yang pingin kamu datengin dan makanan apa aja yang pingin kamu cobain. Kadang dengan berpikir kita akan segera berada disana, mengimajinasikan dalam khayalan kita asyiknya guling-guling di salju, nikmatnya ngemut jajangmyeon sampe mulut celemotan, berfoto dengan baju tradisional Korea di depan Gyeongbongguk Palace, menenteng belanjaan shopping ’til you drop di Myeongdong. Kadang kekuatan dari imajinasi tingkat tinggi ini akan merubah semua yang tadinya baru sekedar angan-angan menjadi kenyataan.

“Whatever you believe with feeling becomes your reality.” – Brian Tracy

IMG_7354.jpg

 

Advertisements

12 thoughts on “Tips agar Visa Korea mu disetujui! Disertai Syarat Pengajuan dan Panduan Mengisi Formulir Aplikasi Visa Korea 2018

  1. mas mau nanya , kalo bikin visa korea lewat nusantara tour (travel agent) form aplikasi visanya diisi sama kita sendiri atau diisikan travel agennya ya mas?

    Like

    1. Diisi sendiri aja mbak. Bisa aja si minta tolong agent buat ngisiin, tapi lebih baik diisi sendiri karena takutnya kalo diisiin pihak agent kadang kurang teliti. Tergantung pegawai travel agentnya juga. Lebih baik ngisi formulir sendiri lalu minta cek ulang petugas travel agent nya, bila mungkin ada beberapa kesalahan bisa dibenerin. Karena ada beberapa data pribadi yang kita lebih tahu dan lebih mengenal rekening koran keuangan sendiri, dicocokkan dengan isi di formulir

      Like

  2. Wahhh… jd deg2 an.. pdhal plan perginya msh tahun depan. Tp persiapannya ud dr skrg spy nnti ga dtolak😂😂😂
    Makasiii buat critanya… bner2 bermanfaat😇😇😇

    Like

    1. Iya, deg deg-an nya ngalahin kencan pertama. Dari jauh-jauh hari dipersiapkan makin bagus, biar tar pas mendekati hari nya tinggal cusss! Rekening koran nya makin rapi en melimpah, en syarat-syarat dokumen nya dah siap. Sama-sama Rian, senang bisa membantu. Visa nya pasti di-approved tar, Amin!

      Like

  3. Mas mau nanya,, kl ibu rumah tangga apa sponsorny diisi nama suaminya kah??adakah syarat2lain yg musti dtambahkan?? trus untuk bukti keuangan,apakah saya jg hrs, katakanlah py uang d tabungan saya sendiri ato bisa gabung jadi satu dgn suami??

    Like

    1. Betul mbak, jadi surat sponsor nya ada 2. Yang pertama isinya: suami mbak menyatakan akan menanggung semua biaya anggota keluarga yang ikut berangkat. Misal, Do hereby certify that the following individuals: Mrs. Reena No Passport A174549 Position/relation Wife of Mr. X. We will travel to South Korea for holiday, which depart from Jakarta on May 2013 for 13 days. All the expenses during the trip will be borne by My Self (suami mbak) tanda tangan sponsor paling bawah suami mbak. Yang kedua isinya sama cuma HRD atau Owner dari perusahaan suami mbak bekerja, menjamin mbak Reena dan suami akan pulang ke Indo. Jangan lupa mencantumkan Akta Nikah sebagai bukti hubungan. Akte kelahiran anak kalo bareng anak juga diikutkan.Kalo pede dengan uang ditabungannya mbak Reena, diikutkan lebih baik, jadi 2 rekening koran suami istri. Tapi temen saya yang istrinya ibu rumah tangga, juga pernah ngajuin pake satu rekening koran suaminya aja sebagai penanggung jawab seluruh keluarga. Intinya satu cukup, dua lebih baik. Barusan saya update, berikan contoh surat sponsor bila pergi bersama anggota keluarga di post an ini, mbak Reena bisa liat disitu ya… semoga membantu.

      Like

  4. Makasih banyak ya mas steve,sdh dbantu buatin surat sponsornya,, alhamdulillah visa saya kmrn di approved,,dr blog ini jg saya dpt banyak gambaran ttg korea,, benar2bermanfaat,, tks alot

    Like

  5. Halloo, mau nanya dong.. Rencananya saya pergi bareng mama dan adik yg masih mahasiswa (papa tidak ikut). Jadi bisa gak ya dokumen papa seperti NPWP, Buku tabungan, dan spt menjamin kami bertiga? atau hanya bisa menjamin mama dan adik?

    Like

    1. Bisa kok Mer, kamu harus ngelampirin Surat Sponsor bermaterai 6000 dari papamu dan bukti keuangan (rekening koran) NPWP SIUP milik papamu. Kalo adikmu kan masi kuliah lampirin Surat Keterangan mahasiswa, jangan lupa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sebagai bukti hubungan darah. Kalo kamu sudah cukup umur, dan pede dengan duit tabungan mu lebih baik dicantumin rekening koran, SIUP, mu juga, untuk semakin mendukung. Jadi kaya temen saya pernah cantumin 2 rekening koran papa sebagai penjamin dan rekening koran dirinya sendiri. En kebetulan Visa nya lolos! semoga membantu

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s