Nonton Koala and The Gang di ‘BonBin’ Wild Life Sydney Zoo

Kapan terakhir kali kamu ke bonbin? waktu masih kecil ditemenin papa mama? masa paling indah di sekolah bareng mantan? atau saat jadi mahasiswa abadi bareng temen-temen kuliah? Biasanya semakin dewasa, kita semakin jarang ke bonbin. Entah karena keseringan ketemu teman yang mirip acu, ataupun karena sudah bosen liat nyemot tiap pagi di cermin. Saya pun begitu. Makin gede, makin males ke bonbin.

Alesan nya banyak, mulai dari yang klise seperti lebih milih ngemol dan nonton bioskop. Sampai yang dalem karena ga tega ngeliat hewan di bonbin kita yang terkesan kumuh, bau dan ga terawat. Jadinya mentok nonton National Geographic dan mainan kucing dirumah. Lain cerita saat di Sydney kali ini. Jauh-jauh nyampe Aussie, saya penasaran pingin liat langsung seperti apa Koala dan Kangaroo. Hewan unik nan fluffy yang cuma bisa kamu temukan di benua Australia. Bertatap muka langsung dan fotoin mereka pasti jadi experience yang menyenangkan.

LRG_DSC03518 2
That beautiful sky in Sydney. What a lovely weather to start a day!

Pagi itu langit terlihat biru bak lukisan. Cerahnya bikin hati adem kesemsem. Cuaca seperti ini bikin saya semakin semangat berjalan-jalan. Dari hotel saya langsung berangkat dengan kereta ke Wynyard Station, kemudian berjalan kaki menuju ke Wild life Sydney Zoo. Bonbin ini berada ditepian pelabuhan Darling Harbour. Jadi kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kapal yang sedang berlabuh, lengkap dengan lautan biru dan burung-burung yang terbang tanpa pelindung. Sehabis menikmati pemandangan, saya langsung antri untuk masuk ke bonbin.

Wild Life Sydney Zoo

  • Address: 1/5 Wheat Rd, Sydney NSW 2000
  • Hours: Senin – Minggu 10AM–5PM
  • Ticket Prices: Adult 33.60 AUD | Rp. 361,000, Kids 23.60 AUD | Rp. 254,000
  • Direction: Dari Wynyard dan Town Hall Stations. Jalan kaki ke King Street, kemudian menuruni trotoar berbukit menuju Darling Harbour. Wild Life Sydney Zoo Google Maps Location

Wild Life Sydney Zoo merupakan kebun binatang dengan banyak hewan ikonik yang berhabitat asli di Australia. Ada beberapa spesies yang hanya ada di sini, yang ga bisa kamu temukan di Taronga Zoo ataupun kebun binatang lainnya. Jika kamu memiliki waktu terbatas, bonbin ini juga sangat pas dikunjungi karena bersebelahan dengan tourist attraction kaya Madame Tussauds, Sydney Sealife Aquarium, dan Sydney Tower Eye.  Sekali menyelam, dua tiga pulau ternodai. Ada harga paket khusus kalo kamu ingin mengunjungi keempat tempat wisata tersebut. Cukup membayar 70 AUD, semuanya bisa kamu datangi. Lumayan menghemat uang dan ge perlu antri lagi pas disana. Kamu bisa memesan tiket nya di link ini Wild Life Sydney Zoo Ticket Prices Karena patung lilin nya rata-rata hampir sama dengan Madame Tussaud yang saya kunjungi di negara lain. Saya jadi ga membeli paket ini.

Mengasyikkan! Begitu kesan saya setelah memasuki kebun binatang dalam ruangan ini. Tempatnya memang sedikit kecil dibandingkan Taronga Zoo. Namun, hewan yang ditampilkan disini bener-bener yang khas dan eksotis. Dijaga dan dirawat dengan baik oleh petugas yang berpakaian kemeja coklat ala Steve Irwin “The Wildlife Master”. Lengkap dengan papan yang menjelaskan tentang seluk beluk menarik dari hewan-hewan tersebut. Jadi ga cuma menyenangkan tapi juga menambah wawasan! Bonbin nya juga bersih dan teratur. Berikut saya jabarkan beberapa hewan yang saya lihat paling unik, diantara species hewan yang banyak banget disini. Hewan yang menghibur dan bikin saya semangat fotoin mereka dengan ciki ciki bum bum. Buat yang nanya saya moto pake kamera apa disini, all pictures taken by me with Sony A7ii Zeiss 55mm f1.8

WILD-LIFE-Sydney-Zoo-map
Wild Life Sydney Zoo Map. Courtesy by Wild Life Sydney Zoo

1. Australian Green Tree Frog

Green Tree bukan Green Tea! jangan tertukar hanya karena warna kodoknya nya yang memang mirip Teh Hijau. Begitu masuk bonbin, saya langsung disambut oleh kodok swikee pemalas yang lagi asyik tidur di kasur favoritnya, batang pohon. Kodok ini merupakan kodok terbesar di Aussie. Ukurannya sekepal tangan manusia dewasa (10cm x 4″), ga cocok untuk dijadikan variasi es kepal. Kulit nya memiliki semacam lapisan pelindung antibakteri dan antivirus. Kulit mereka terus dipelajari oleh para dokter dan ilmuwan demi ilmu pengobatan yang lebih baik di masa depan.

Kodok ini bertipe sanguinis. Aktif di siang hari, suka berjemur dan suka cari perhatian di sosial media. Kodok ini suka dengan betina yang apa adanya dan tidak merokok. Kodok ini juga serem, selain pemakan serangga dia juga suka makan kodok yang badannya lebih kecil dari dia. Kanibal kaya Sumanto! (yang ini serius, ga ngarang, cek aja di Wikipedia). Mungkin kalo lagi emosi, dia bisa berubah jadi segede raksasa kaya jurus musuhnya Stephen Chow di film Kungfu Hustle (betul, kalo ini saya ngarang). Kodok ini termasuk langka, cuma ada di Australia dan Papua Nugini. Karena keunikannya, kodok ini menjadi salah satu hewan eksotis untuk dipelihara. Dasar pelakor!

LRG_DSC03534
The average lifespan of this frog is about sixteen years. They are okay with living near human buildings. They are often found on windows or inside houses. The green tree frog screams when it is in danger. It does this to scare off animals that have threatened them, squeaks when it is touched. The green tree frog is known as the most recognizable frog in Australia – Wikipedia

2. Laughing Kookaburra

Yang membuat burung ini terkenal adalah kicauannya yang seperti orang lagi ketawa, ketawa ngajak berantem. Bulu tubuh bagian bawahnya berwarna putih dengan warna sayap putih abu-abu, mungkin dia masih SMA. Bulu disekitar matanya berwarna hitam kaya make maskara yang ga rapih, mlengse sana-sini. Burung ini penganut paham monogami, satu pasangan untuk seumur hidup. Burung ini tidak suka kawin-cerai. Jika pasangannya mati, dia ga berusaha mencari pasangan lain. Melainkan akan tetap menjomblo sampai akhir hayatnya. Bumi gonjang-ganjing, sungguh burung yang setia dan romantis!

Habitat asli Kookaburra ada di Tasmania, Australia dan New Zealand. Burung ini termasuk predator karena dia ga cuma makan serangga tapi juga kadal, ular kecil, bahkan anak burung dari species lain (ternyata masih bisa bedain mana keluarga mana bukan). Kookaburra biasanya bertengger di dahan pohon, sampai melihat buruannya lewat baru terbang menukik untuk menerkam mangsanya. Burung ganas!

LRG_DSC03558
Kookaburra is monogamous, retaining the same partner for life. 100% faithful to his mate. What a faithful bird. Romantic yet so tragic

3. Wallaby

Serupa tapi tak sama. Semarga tapi berbeda. Sekilas Wallaby memang mirip Kanguru. Yang bedain cuma bentuk tubuh Wallaby yang lebih kecil. Spesies Wallaby paling unik yang ada disini adalah Yellow-Footed Rock Wallaby. Buntutnya panjang banget dan warnanya belang-belang kuning. Mereka suka tinggal di bukit berbatu yang jauh dari pemukiman warga. Wallaby tipe hewan yang suka manjat batu dan melompati jurang besar (tipe hewan yang suka memacu adrenaline dan mencari sensasi). Wallaby juga hewan yang suka diet biar tetep sexy, mereka pemakan sayuran, rumput, dan dedaunan.

LRG_DSC03566
A Yellow-Footed Rock Wallaby! It’s not to be confused with the Kangaroo. Wallaby is just another brother from another father. Wallaby really means small Kangaroo.

Musuh utama Wallaby adalah rubah (What does the fox say? ding ding ding ding ding…) Rubah alay bisa datang dan menggigit mereka kapan saja. Hati-hati, Walla! Manusia juga merupakan ancaman nyata bagi Wallaby. Mereka diburu untuk diambil daging dan bulunya. Wallaby melindungi diri mereka dengan cara menendang sekeras-kerasnya. Ga kaya di kartun, mereka ga punya sarung tinju. Wallaby ini kadang kurang smart! seringnya nongkrong di tengah jalan, jadilah banyak Wallaby yang ditabrak mobil lalu luka berat, dilarikan kerumah sakit, dan meninggal.

Zoo animals are ambassadors of their cousins in the wild – Jack Hanna

LRG_DSC03578
Agile Wallaby. Suka tinggal di sepanjang sungai, hutan, dan padang rumput tropis Australia

4. Lizard Dr. Connors

Masih ingatkan kamu Dr. Curt Connors yang berubah jadi kadal raksasa dalam film Spiderman? Kadal raksasa yang ingin mengubah manusia di kota New York menjadi Kadal sama seperti dirinya. Baginya kadal itu istimewa, bersisik cantik, bisa memulihkan diri. Membuat satu tangan Dr. Connors yang tadinya buntung bisa tumbuh kembali. Walaupun ga seekstrim seperti yang Dr. Connors bilang, kadal di Aussie memang terlihat bersisik cantik penuh warna. Bahkan banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Disini saya juga banyak melihat berbagai jenis kadal, dari yang kecil sampe yang segede gaban. Tentunya masih kalah gede sama Komodo di negara kita.

LRG_DSC03606
Bumpy, spiny or crested lizards in Australia are usually called Dragons. Dragon Ball? Kamehameha!
LRG_DSC03541
Australia has more lizards than any other part of the world. The Zoo also houses Australia Largest lizards. There is a huge variety of them. They range in size from the tiny Grey’s Skink which is only 25mm long, to the impressive Perentie, which can grow to over two metres!

5. Green Tree Python

Selain ditemukan di Australia Utara, ular ini juga ditemukan di hutan negara kita Indonesia dan Papua Nugini. Ular hijau yang hidup dalam kondisi panas dan lembab. Warna hijau kulit mereka membantu untuk menyamar di antara pohon dan dedaunan lebat. Body-nya termasuk langsing. Panjangnya mencapai 2 meter dengan berat 1.6 kg. Makanan favoritnya adalah tikus, tokek, kadal kecil, dan tupai. Apakah dia akan menolak bila dikasi Whiskas? saya kurang tahu.

LRG_DSC03584
The green tree python is a popular species among reptile enthusiasts and breeders on account of its adult and juvenile colours. This has led to large numbers being illegally caught in the wild to the detriment of native populations – Wikipedia

6. Scrub Python

Uler kelebihan hormon dengan tubuh besar, gempal dan berotot. Panjangnya ga main-main 7 meter! Spesies ular terbesar di Australia yang bisa menelan mangsa segede Kanguru. Mungkin kalo dia ngamuk, mantannya juga ditelan. Bayangin Kanguru segede itu diremek didalem perutnya. Memang keren ni raja uler Ostrali. Scrub Pythons cuma bisa ditemukan di Australia dan Papua Nugini. Konon, The Scrub Python gampang emosian, meskipun dia ga lagi datang bulan. Walaupun pemarah ular ini ga akan menggigit kecuali diganggu. Dia cukup pemalu dan tak suka keramaian seperti club malam. Mereka akan mendesis keras ketika terangsang, mirip kaya manusia. Ssssssss…. Sssssss…. nyiprat!

LRG_DSC03542
The king of all snakes. Creepy, crawly and cool at the same time

7. Southern Cassowary

Burung paling gagah dan berbahaya di muka bumi. Jika mukamu ngeselin dan ganggu dia lagi nyantai, siap-siap aja kamu dipatuk dengan moncong talonnya. Jari-jari kaki nya juga memiliki kuku yang setrong dan tajam, dapat dengan mudah merobek bahkan membunuh manusia. Kasuari sebenarnya tidak berbahaya jika dibiarkan sendiri. Namun, kalo kamu kamu berusaha mengambil telur nya kaya di film Jurassic Park, jangan harap kamu akan selamat. Saat berada di bonbin ini, Kasuari ditutupi oleh kaca. Jadi kita bisa berdiri dekat dengannya tanpa harus takut ditujeb moncongnya.

LRG_DSC03589
The most dangerous bird on this planet

Kasuari bisa hidup sampai 50 tahun. Waktu yang lama untuk ukuran hewan. Meskipun termasuk dalam kelompok burung, Kasuari ga bisa terbang. Mungkin karena berat badannya yang obesitas mencapai 60-83 kg, salah satu burung terbesar di Australia. Yang paling bikin saya melongo adalah bulunya yang tebal dan pucuk kepalanya yang sangar. Pucuk kepala yang disebut casque ini bisa tumbuh sampai 1,8 meter. Kasuari mirip dengan Ostriches si burung unta. Setelah betina bertelur, Kasuari jantan akan mengerami dengan cara duduk di atasnya. Ga nanggung nanggung, ngeraminya sampe 54 hari. Aje gile, ga cuma menghamili, tapi si cowo juga mengerami. Berat jadi suami Kasuari. Setelah telur menetas, Kasuari jantan akan memberi makan dan menjagai anak-anak nya sampai mereka mandiri. Sungguh suami yang siaga, siap antar jaga!

LRG_DSC03594
Cassowaries are famous for their spectacular head crest or casque. They can grow to be about 1.8 metres tall. It makes him look like a punk. Manly and Heroic!

8. Echidna aka friend of Sonic The Hedgehog

Sonic_Art_Assets_DVD_-_Sonic_The_Hedgehog_-_7Echidna sering disebut juga sebagai trenggiling berduri. Meskipun menyerupai landak aka Sonic The Hedgehog, Echidma memiliki sifat yang berbeda. Hewan ini memiliki dua jenis bulu rambut yang menutupi tubuhnya. Bulu kasar nya yang pendek, berguna untuk melindungi dirinya dari hawa dingin. Sementara rambut panjangnya yang tajem kaya duri, melindungi  dirinya dari predator seperti kadal besar, rubah, elang, dan tasmania devil.

Makanan favoritnya adalah semut, rayap, dan cacing. Moncong runcing Echidna memang dibuat untuk memburu mangsanya. Cangkeme bisa merasakan sinyal listrik dari badan serangga buruannya. Setelah mendeteksi mangsanya, Echidna menggunakan cakarnya yang panjang dan tajam untuk menggali tanah. Kecil-kecil sparta!

LRG_DSC03610

9. Quokka

Dari bodynya Quokka terlihat seperti hamster raksasa. Mirip kucing dengan muka tikus. Aneh bikin dredeg. Bayangin kalo ada tikus segede ini tiba-tiba muncul dirumah, gimana ga dredeg. Tapi setelah diliat lebih deket, ternyata Quokka jauh lebih manis dibandingkan tikus pengerat. Quokka juga termasuk hewan sosialita. Dia ramah dan suka bergaul dengan manusia. Saya lihat beberapa kali dia datang mendekat ke turis yang sedang berfoto. Makanan favoritnya adalah rumput dan daun. Di bonbin, biasanya kan kita seneng ngasih makanan ke binatang padahal sebenarnya ga baik buat mereka. Kalo makanannya ga cocok malah bisa bikin mereka dehidrasi dan sakit.

LRG_DSC03613

10. Tasmanian Devil

tasmanian-devil-png-hd--923Saat itu saya cuma bisa ngeliat bokong Tasmanian Devil yang sedang tertidur lelap di pojokan yang gelap. Jadinya saya cuma bisa cantumin foto plank yang ada didepan kandang Tasmania ini. Siapa yang ga kenal tokoh kartun Looney Tunes, Tasmanian Devil? seperti inilah bentuk asli dari tokoh kartun tersebut. Tasmania Devil adalah karnivora terunik yang menjadi ikon Australia.

Taz memiliki tubuh kekar, bulu hitam dengan sedikit bulu putih di dekat dada dan tangannya. Selain memiliki kepala yang besar dengan jeritan yang memekakkan telinga, gigi taringnya juga besar dan tajam. Sebagai hewan liar, Taz cukup gaul. Taz akan memakan semua daging yang mereka temukan, mirip dengan kartunnya.  Antara gaul apa gragas yah ini? Sebenarnya Taz memiliki sifat asli pemalu dan cenderung memilih hewan yang udah mati daripada membunuh mangsa mereka sendiri. Tapi kalo terpaksa di hutan rimba, mau ga mau Taz butuh makan bukan?

LRG_DSC03537

11. Kangaroo

Akhirnya impian untuk ngeliat Kanguru dari dekat tercapai! Meskipun Kanguru nya ga sebesar di Animal Planet, tapi saya cukup puas. Kanguru di bonbin ini terlihat masih muda dan ababil. Mungkin demi alasan keamanan, biar kita ga ditendang dan digigit sama Kanguru yang gede-gede. Setidaknya kalo yang muda lagi PMS pun, ga bakal nendang kita sampe terkapar guling-guling.

Kenapa mereka dinamakan Kanguru? ceritanya sungguh lucu. Pada suatu hari, pelaut Inggris terdampar di benua di Australia. Pelaut itu lalu terheran-heran melihat seekor hewan yang belum pernah dia lihat sebelumnya, lompat-lompat ga jelas sambil menggendong anaknya didalam kantung. Pelaut itu lalu bertanya kepada suku asli sana, orang Aborigin.

‘Hewan apakah itu?’ tnya pelaut Inggris tersebut. Lalu orang Aborigin itu menjawab ‘Kang-Ga-Roo.’ yang dalam bahasa Aborigin artinya ‘I don’t know.’ Namun pelaut Inggris itu gagal paham dan menganggap Kanggaroo adalah nama hewan itu. Jadilah nama Kangaroo tersebar luas ke seluruh Australia dan dunia. Nama hewan yang sebenarnya tidak memiliki makna apapun. ‘Kangaroo. Saya tidak mengerti.’

LRG_DSC03614

Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat. Telapak kakinya yang besar seperti per, membuat dia bisa meloncat dengan lincah dan jauh. Kanguru bisa melompat santai dengan kecepatan 20–25 km/jam, sementara kalo lagi lumayan buru-buru ke pasar, kecepatan mereka bisa mencapai 40 km/jam sampai jarak 2 km! Kecepatan maksimal Kanguru disaat lomba ngejer cewe bisa mencapai 70 km/jam! Amazing! Manusia tercepat di bumi, Usain Bolt aja paling cepet lari 44.72 km/jam dalam jarak tempuh 100 meter. Bayangin kalo lomba sama Usain Bolt, kecepatan maksimal Kangoroo yang 70 km per jam pasti bikin Bolt kena serangan jantung mendadak.

LRG_DSC03629
One of my favourite enclosures had to be the Kangaroo. I was allowed to come close and interact with them!

Kanguru bisa hidup sampai 18 tahun. Walaupun ada juga yang umurnya bisa sampe 28 tahun. Tergantung beban hidup nya juga. Apakah semasa hidup dia disio-sio atau tidak. Makanan favorit Kanguru adalah rumput, dedaunan, dan sesekali serangga. Mereka ga suka makan rumput tetangga. Kanguru betina memiliki kantong dengan puting susu didalam buat anak-anaknya nenen. Selain buat nenen, kantong ini ternyata juga jadi tempat anaknya pipis dan pup. Walaupun kantongnya memang didesain untuk menyerap, terkadang sang ibu kanguru ga tahan juga. Akhirnya sang ibu bersihin kantongnya dengan cara masukin moncongnya trus ngeluarin kotoran dengan lidahnya. Kasih ibu memang tak terhingga sepanjang masa bukan? Mau manusia atau hewan, semua ibu sama. Mereka sayang anaknya melebihi apapun juga.

LRG_DSC03617
Kangaroos are just T-rex deer. Look at that happy feet!

Kanguru juga suka berantem dengan sesamanya. Rata-rata Kanguru jantan berantem karena memperebutkan wanita, sama kaya kita. Lho bukannya kanguru betina banyak? kenapa harus sampe berantem demi memperebutkan satu betina? kalo kita berantem karena memperebutkan cewe cantik nan keibu-ibuan, mereka berantem karena memperebutkan betina yang subur dan bisa dihamili. Ga beda jauh bukan?

Mereka juga bisa berantem karena alasan lain. Kalo kawasan yang mereka tempati cadangan air minumnya terbatas, mereka akan bertarung untuk memperebutkan siapa yang berhak jadi bos dikawasan itu. Perkelahian ini juga menetapkan hierarki dominasi antar lelaki. Yang menang bisa mengintimidasi Kanguru lain untuk tunduk, sementara kanguru betina akan berteriak histeris kagum kepadanya. Saya jadi ngebayangin mereka berantem ala Mike Tyson pake sarung tinju. Saat berantem mereka akan berdiri dengan kedua kaki abis itu mulai cakar-cakaran (bener, mirip cewe). Mereka juga akan mengunci lengan bawah, bergulat, saling mendorong dan menendang di perut. Mirip MMA yah! Terus tau siapa yang menang dan kalahnya darimana? Pemenang ditentukan saat Kanguru tersungkur ke tanah atau lari terbirit-birit.

LRG_DSC03615
Kanguru nungging. Look at that big tail!

12. Minty The Bilby

CrashifiedSmashifiedBilbies dikenal juga sebagai kelinci malam. Bukan karena dia hewan nakal yang suka ditawar om-om di malam hari, ‘memang aku hewan apaan?!’ jawab Bilby membela diri. Bilbies bersifat nokturnal, dia keluar malam untuk mencari makan. Dengan menggunakan moncongnya yang panjang, Omnivora ini berburu umbi-umbian, jamur, laba-laba, dan rayap. Berhabitat asli digurun Pilbara dan Kimberley Australia Barat. Bilby nyaris punah karena persaingan dengan hewan lain untuk mendapatkan makanan, dan banyak dimangsa oleh predator seperti rubah. Ukuran badannya hampir sebesar kucing. Bulunya berwarna abu-abu, memiliki hidung dan moncong runcing yang sangat panjang. Sebelas dua belas sama Crash Bandicoot! tokoh game PS favorit saya waktu kecil. Bilby menggunakan cakar yang kuat untuk membangun terowongan agar bisa berlindung dari panas dan predator ganas. Karena penglihatannya yang buruk, Bilby bergantung pada indra pendengaran dan penciuman. Sulit mengambil foto dengan jelas karena di bonbin ini, Bilby dirawat dan disesuaikan dengan habitatnya di ruang gelap. Kamu tidak diperbolehkan menggunakan flash, karena Bilby bisa stress.

LRG_DSC03641
Minty the bilby arrived at WILD LIFE Sydney Zoo at the beginning of 2014. Although she was shy to begin with, she has become very outgoing and is the friendliest of the Zoo’s five bilbies. Minty loves to eat mealworms straight from her keepers’ hands and can be a little sassy! – Wild Life Sydney Zoo

13. Koala

LRG_DSC03649
Super cute, fluffy baby. He is cute and hilarious. Just like a cotton wadding. The koala has a body length of 60–85 cm and weighs 4–15 kg. 

Puncak kebahagiaan saya adalah bisa melihat buntelan berbulu ini dari dekat. Dengan membayar 22 AUD, kamu bisa foto bareng dengan Koala dan dapet hasil print print-nan fotonya. Setelah mengamati langsung dari dekat, ternyata Koala memang makhluk MAHA UNYUU. Unyuu namun tak dungu. Koala memiliki cakar yang tajam untuk membantu mereka memanjat dan bertahan hidup. Hidung nya yang besar bukan cuma hiasan, indra penciumannya berguna untuk mendeteksi level racun di daun yang akan mereka kunyah. Bulu tebalnya menjaga mereka tetap hangat di tengah musim dingin dan hujan. Para jomblo seharusnya dilahirkan dengan bulu tebal seperti mereka, agar tidak mati kedinginan di malam minggu.

Koala memiliki tingkat metabolisme yang rendah untuk seekor mamalia. Mereka tidur 20 jam sehari. Ga heran, seperti yang kamu liat di foto, mereka semua lagi asyik bobo. Koala cuma melek 4 jam sehari! Dasar pemalas, enak bener hidupmu beruang bantet!

Karena ga bisa beli Pedigree rasa keju, Koala hidup hanya dari daun eucalyptus. Daun yang mengandung protein berkadar rendah, air dalam kadar tinggi dan senyawa fenol yang terkenal yang beracun bagi spesies lain. Trus kenapa dia sendiri ga keracunan? Kekuatan Koala ada di hati. Hatinya bisa memisahkan zat beracun untuk dibuang. Selain itu perut bagian belakang Koala yang disebut “hind gut” bisa mengambil nutrisi maksimum dari semua makanan yang ia cerna. Hebat yah, coba semua hati manusia kaya gitu, bisa tau mana cinta yang beracun mana yang tidak. *suasanamendadakgalau

Koala memiliki beberapa musuh abadi. Ular piton besar dapat memangsa mereka hidup-hidup, sementara burung pemangsa kaya Elang mengincar anak koala yang masih kecil. Koala bisa hidup sampai 15 tahun. Walaupun lucu dan penurut, menjadikan Koala sebagai binatang peliharaan adalah pelanggaran hukum di Australia. Mereka harus tetap tinggal di habitat aslinya agar tidak punah. Mereka ga suka jalan-jalan ke mol ataupun nongkrong di cafe. Intinya mereka ga cocok hidup di kota. Jadi, jangan paksa mereka untuk mengikuti gaya hidupmu! #WakoalaForever

“What do you mean i’m not a bear? I have all the Koalifications” – Imaginary Koala

KOALA memiliki singkatan yang bermakna K = Kiyut namanya O = Oce cakarnya

A = Asyik bulunya L = Lucu mukanya A = Asoy bulunya #ngarangkurangkreatif

LRG_DSC03657
The koala experience is definitely the coolest. The staff is really nice and professional. A great attraction even for adult like me

14. Saltwater Crocodile

LRG_DSC03670
Eye to eye with a huge Saltwater Crocodile. The terrifying saltwater crocodile is the largest reptile in the world, measuring sometimes over six metres from tip to tail and can weigh a mind-boggling 2000 kilograms

Semakin serem, bad boy, dan ga bisa diprediksi biasanya semakin disuka. Sama halnya dengan buaya ini. Jika pria tak suka dipanggil buaya. Maka dia adalah raja dari segala buaya. Buaya predator air asin terbesar dari semua reptil yang ada di dunia, tentunya setelah kepunahan T-rex. Dia adalah “Rex the Saltie Croc.”

Buaya ini ditempatkan di kolam yang dalam. Untuk bisa melihat mereka saya harus masuk ke terowongan kecil dimana dindingnya terbuat dari kaca. Sambil jongkok saya terkesima sama ukuran tubuhnya, gileee.. body saya kalah telak. Kalo kecebur kesana mungkin saya bisa dikunyah hidup hidup. Bayangkan, buaya jantan ini ukurannya mencapai 6,7 meter dengan berat 2.000 kg!

Buaya ini adalah bos dari segala rantai makanan. Pemangsa segala jenis karnivora yang memasuki teritori nya. Predator klasik yang mengintai mangsanya dengan sabar dari bawah permukaan air. Begitu mangsanya meleng, tanpa ba bi bu buaya akan muncul dari air, menggigit dan menyeretnya ke dalam air hingga mati tenggelam. Hiiiii… Bisa rusa yang lagi minum ditepian danau, reptil di rawa-rawa, burung, monyet, babi hutan, ikan, hiu bahkan manusia bisa jadi makan siangnya.

LRG_DSC03668
 A smile from a child is a packaged sunshine and rainbows’ – unknown. I took this picture after seeing their gorgeous smile.

Nah, kejutan utamanya ada dibagian akhir. Sesuatu yang sangat menyeramkan. Tak lain tak bukan adalah gift shop! Toko souvenir yang bisa bikin dompetmu menangis. Menangis karena menyesal beli barang ga berguna. Ataupun menangis karena ga ada duit sama sekali buat beli aksesoris.

Secara keseluruhan, saya bersenang-senang di Wildlife Sydney Zoo. Saya terkesan dengan segala tingkah laku hewan yang liar dan unyu. Tapi yang paling mencuri hati adalah ekspresi anak-anak disini. Senyum dan tawa ceria mereka saat melihat binatang lucu dan serem sukses bikin hati adem. Polos apa adanya, tanpa dibuat-dibuat. Seperti 2 anak bule yang saya foto diatas. Kebahagiaan dari melihat keceriaan mereka bersama keluarga. Mendadak saya pingin bikin anak. ‘Eh! Ngarep lo, mblo. cari dulu cewe nya!’ suara Deadpool terdengar dari balik pintu hati yang paling anjay.

Zoo: An excellent place to study the habits of human beings – Evan Esar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s