Cinta akan traveling itu kaya cinta monyet. Kita lihat seseorang yang menarik lalu jatuh cinta. Polos layaknya monyet kepada monyet. Suka ya suka aja, ga ada embel-embel harus seiman, harus sederajat, harus inilah itulah. Seperti anak SMA yang lagi naksir temen sekelasnya. Ga peduli orang ngomong apa, kita terus berusaha mendapatkan perhatian  orang yang kita suka. Cuek, nekat, dan cenderung gila. Sama halnya dengan cinta akan traveling. Masa bodoh dengan berbagai alasan, harus kaya dulu, harus punya rumah dulu, harus nabung buat kawin dulu. Don’t wait for everything to be perfect, because you’ll be waiting foreva! Seperti cinta monyet yang polos, there’s nothing wrong about being monkey. *soundsweird

Kalo cinta akan traveling seperti cintanya orang dewasa. Kita ga akan pernah berangkat. Kita akan sibuk khawatir dengan segala bibit bebet dan bobot. Tanggung jawab pekerjaan yang ga bisa ditinggalkan, tak rela menghabiskan uang untuk sesuatu yang ‘ga kelihatan’, lebih baik mencicil mobil daripada mengisi cap di passport, takut kenapa-napa di jalan, ga ada yang nemenin, tralala trilili, kelamaan! kalo cinta kita polos kaya monyet, kita rela menyisihkan waktu dan uang demi bisa menjelajahi tempat baru. Tempat yang bikin kita betah dengan sejuta kebahagiaan. Kadang hanya perlu satu alasan untuk tetap traveling. Karena kita suka. Se-simple itu.

Nyengir bahagia

Sama seperti perjalanan waktu itu, saya traveling ke Jeju karena suka dengan alam. The new 7 wonders of Nature! Karena keajaiban dari keindahan alamnya, Jeju berdiri sejajar dengan Amazon Rainforest di Amerika Selatan, Ha Long Bay di Vietnam, Iguazu Falls di Brazil, Puerto Princesa di Filipina, Table Mountain di Afrika Selatan dan Komodo Island di negara kita. Kalo sudah sampe Seoul, rasanya ada yang kurang kalo ga mampir kesini. Melihat dan merasakan seperti apa pemandangan alam dan kehidupan Oppa rasa Ahjussi, maupun Onnie rasa Ahjuma yang jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan. Sayapun penasaran, apakah di Jeju mereka juga hidup penuh dengan drama?

Transportasi paling efektif dari Seoul ke Jeju

Pagi hari dengan naik Seoul Metro, saya menuju ke Gimpo International Airport untuk terbang bersama Jeju Air, salah satu low-cost airline termurah ke Jeju. Cara paling nyaman dan cepat untuk sampai ke Pulau Jeju adalah dengan baling-baling bambang alias pesawat terbang. Dibandingkan naik kapal Ferry yang menghabiskan waktu 5 jam-an, lebih efektif naik pesawat yang cuma menghabiskan waktu 1 jam 10 menit. Waktu itu saya menghabiskan Rp. 650,000 untuk tiket pesawat, sudah termasuk bagasi 15kg. Asyiknya lagi booking penerbangan Jeju Air bisa dilakukan dengan Traveloka. Jadi bisa di-reshedule dan lumayan buat menambah poin. Untuk kamu yang suka kemewahan kamu bisa naik Korean Air.

Selama di pesawat, saya duduk bersebelahan dengan Ahjumma yang berangkat dengan anak gadis remajanya. Saat itu, ahjumma ini menyapa saya dengan ‘Annyeonghaseyo!’ ‘Annyeonghaseyo! sorry, i can’t speak Korean’. jawab saya sambil menundukkan kepala. Tampaknya gestur spontan saya ter-program dari drama Korea.

‘Oh, Hi, nice to meet you!’ balas ahjumma tadi. Ternyata Ahjumma ini lumayan lancar berbahasa Inggris. Kami pun berbincang-bincang tentang banyak hal selama perjalanan, sementara sang anak yang duduk disebelahnya sibuk mainan iPad. Ahjumma ini bercerita kalo dia ke Jeju dalam rangka menghadiri hajatan saudaranya yang baru saja membeli rumah disana.

Dari soal membeli tanah, kami ngalor ngidul sampai drama Korea. Dari pertanyaan apakah pria Korea di kehidupan nyata sama romantisnya seperti di drama? Sampai bertukar nama artis idola masing-masing. Absurd abis. Ahjumma ini sangat mengidolai Jang Dong Gun, sementara saya Jeon Ji Hyun. Sampai anaknya tidur, kami belum selesai ngobrol. Tampaknya saya memang emak-emak loveable. Tak terasa kami pun sampai di Jeju. Ahjumma ini say goodbye dengan berkata ‘Have fun in Jeju, handsome man!’ Saya pun membalas ‘Yeah, you too sexy Mom!’ Dari sini kami terlihat seperti sepasang kekasih beda generasi, yang sedang dilanda asmara.

What’s the Jeju’s weather like in February?

Saat itu saya menghabiskan waktu di Jeju selama 3 hari di tengah musim dingin yang berkisar antara 3-8°C, dinginnya bikin baper. Pakai body lotion yang creamy biar kulit ga kering. Pakai lipbalm biar bibir ga terkelupas. Terutama untuk bibir jomblo yang jarang  disentuh. Saya rasa 3-5 hari sudah cukup untuk menjelajahi beberapa tempat wisata utama di Jeju.

Getting around Jeju

Sesampainya di Jeju, saya naik bus dari airport menuju ke Jeju Intercity Bus Terminal. Pusat jaringan bus dengan berbagai jurusan yang menjangkau tempat-tempat wisata di seluruh pelosok Jeju. Saya pun akhirnya memilih hostel yang dekat dengan terminal ini, tujuannya biar gampang mangkal, eh maksudnya gampang kemana-mana. Bepergian dengan transportasi umum di Jeju jauh lebih sulit daripada di Seoul. Jeju tidak memiliki subway seperti Seoul Metro.

Tarif normal naik Bus sekali jalan kurang lebih 1.250 Won | Rp. 16,000

Tarif argo taksi mulai dari 2.800 Won | Rp. 36,000

Di bus maupun taxi, bisa membayar menggunakan T-money, kartu isi ulang yang biasa kamu gunakan di Seoul

express-and-trunkline-bus-map
Photo courtesy of visitjeju.net Download HD map resolution in here Jeju Island Express Bus Route Map

Kelemahan sistem bus di Jeju adalah waktu tunggunya lama dan tidak menentu, sekitar 20-30 menit, kadang sampai 1 jam. Sementara kalo sendirian naik taxi mehong. Lain cerita kalo kamu pergi bareng temen, bisa patungan. Jadi, satu-satunya cara berhemat adalah dengan naik bus. Selain itu, tempat pemberhentian bus yang masih jauh dari tempat wisata, membuat saya harus banyak berjalan. Sisi positifnya adalah sekalian bakar lemak. Opsi lainnya adalah dengan menyewa mobil jika kamu memiliki SIM International. Untuk info lebih lengkap tentang rute bus, jadwal keberangkatan, rental mobil di Jeju kamu bisa klik link ini Jeju Transportation Info

Where do i stay in Jeju?

Ada banyak pilihan untuk tinggal di Jeju, mulai dari guesthouse sampai hotel mevvah. Kamu bisa memilih yang cocok di booking.com, Agoda atau Airbnb. Saat itu saya menginap di SUM Guest house. Saya membayar 20,000 Won | Rp. 257,000 untuk satu malam di 6 bed mixed dormitory room. Di kamarnya berisi bunk bed kasur tingkat, private locker dengan kamar mandi luar.

Boleh dibilang kamarnya ga terlalu besar, langit-langit nya pendek dan kasur nya sedikit keras, tapi kelebihannya tamu hotel dapet toast breakfast (roti tawar, selai, dan kopi). Lokasinya juga strategis. Hanya perlu 5 menit jalan kaki untuk sampai ke Jeju Intercity Bus Terminal. Dekat dengan supermarket dan rumah makan murah. I couldn’t ask for more. Sesuai dengan harga. Mau murah jangan minta perfect.

02img_04
Picture courtesy by Jeju.sumhotel.com

Selain murah, menginap di homestay begini membuat kita mengenal orang lokal, makin tau budaya dan karakteristik mereka. Selama disini, saya malah melihat banyak orang Korea yang menginap. Dan, kebanyakan anak muda lagi. Pertama saya pikir, mereka datang dari Seoul kesini buat field trip di pulau yang memang terkenal sebagai Hawai-nya orang Korea. Sampai akhirnya saya diajak ikut ‘party’ di malam hari. Party yang ternyata merupakan ajang cari jodoh. Acara nya kita duduk di meja makan panjang, trus satu persatu orang mulai memperkenalkan diri. Lalu bercanda riang sambil makan malam. Pantes aja hostel ini rame banget anak muda nya. Jadi tempat nyari pacar rupanya!

SUM Guest House Jeju

• Relaxed hostel offering colorful rooms & dorms, as well as a communal kitchen & a modern cafe
  • Address: 174 Seogwang-ro, Orail-dong, Cheju, Jeju-do
  • How to get here: Dari Jeju Airport Naik bus no.100, 101, 150-1 (2,000 Won, 1 stop) | 465-2, 315, 343 (1.150 Won, 5 stop), kemudian turun di Jeju Intercity Bus Terminal. Bisa juga naik taxi sekitar 6000 Won | Rp. 77,000. Sampai di Jeju Intercity Bus Stop, seberangi jalan yang berlawanan dari Terminal Bus Jeju, Lewati Bank Jeju kemudian belok kiri. SUM Guest House Jeju Airport Branch Google Maps Location How to get SUM Guesthouse

Nah, selama di Jeju saya kemana aja? Pulau ini penuh dengan keajaiban alam. Ada air terjun, gunung berapi aktif sampai taman bermain khusus dewasa. Berikut beberapa tempat wisata yang menurut saya paling unik dan cantik.

1. Seongsan Ilchulbong Peak 성산 일출봉

It’s like a big garden with peaceful sky, greenish surrounding and pure air. Desktop wallpaper be like

Banyak destinasi indah di Jeju. Tapi kalo harus milih satu, Seongsan Ilchulbong adalah yang terbaik. Tempat favorit wisatawan lokal maupun International. Reputasi Seongsan Sunrise Peak semakin mendunia setelah masuk UNESCO World Natural Heritage Site. Yang bikin unik adalah puncak kawahnya yang terbentuk dari letusan hidrovulkanik. Kawah aneh yang tidak bisa menampung air seperti kawah dunia lainnya. Kawah berbentuk mahkota raksasa yang muncul ke permukaan akibat gunung berapi yang meletus dibawah laut, 2 juta tahun yang lalu.

Jeju has a name called ‘三多’ means three things they have the most. Many woman, many stone and many wind. Many woman? i saw many Ahjumma in here
Seongsan Ilchulbong or Seongsan Sunrise Peak is a peak formed by volcanic eruption 100,000 years ago. One of the 7 wonders of nature, and one of the best sight to visit in Jeju
You can ride a horse like a King. You just need to pay 6,000 Won | Rp. 77,000
When walking  in the nature, honor the beauty by being there fully. Be still. Look. Listen. Enjoy the moment. Find your inner peace. After that take a picture like a boss!

Infrastruktur tempat wisata ini juga lumayan bagus. Sudah ada jalur anak tangga yang memudahkan pengunjung naik ke puncak. Level mendakinya termasuk sedang, ga cape-cape banget, tapi lumayan bikin kemringet dingin. Butuh sekitar 30 menit untuk sampai ke atas. Di sepanjang perjalanan banyak pepohonan rindang, kamu juga bisa duduk di papan kayu sambil foto-foto pemandangan laut dan kota yang keren.

A man lifts a girl on his back. It’s happen in a real life, not just in the Korean Drama Series. Drakor for life!

Saat itu saya melihat ada cowo Korea yang gendong pacarnya di punggung, piggy back ride gitu. Gile, setrongg bener saya pikir. Gendong cewe sambil nanjak tangga. Ternyata ga cuma di Drakor, di kehidupan nyata cowo Korea juga romantis. Walaupun pas diatas saya ga ngeliat jejak mereka berdua, mungkin sang cowo tiba-tiba tak sadarkan diri lalu jatuh guling guling kebawah. Romantis nan tragis. Sad ending.

When you realize that Gong Yoo’s Goblin is 37 years old and yet he’s still single in a real life. You still have hope. If I just have the ability to travel by opening the door and stop the time like a goblin, that would be perfect

Jangan lupa pake coat tebal saat kesini, walaupun cerah tetep aja anginnya war wer war wer, bikin pipi beku dan bibir pecah-pecah minta disun. Buat cewe, jangan pake high heels kaya Cheon Song Yi. Karena kalo kamu pingsan, ga bakal ada Do Min Joon yang nolongin. Yang ada malah digotong Ahjussi ke mobil ambulance.

Setelah melewati 500 anak tangga, akhirnya saya sampai ke puncak sight-gasm. Sensasi ketika sampai di atas begitu menyejukkan. Pemandangannya manis bikin baper. Baper mengagumi keindahan karya Maha Pencipta. Seongsan berarti ‘benteng bukit’ dan Ilchulbong berarti ‘puncak matahari terbit.’ Sesuai namanya, waktu paling indah untuk mengunjungi tempat ini adalah saat fajar menyingsing. Dimana kita bisa menyaksikan matahari terbit perlahan. Walaupun kesiangan, pemandangan kawah dan lautan yang bermandikan matahari tak kalah cantik-nya.

Pretty tiring after the long climbing on the staircase, but it is worth for this beautiful view. Simply breathtaking. Mountain on the sea. It’s a peak formed by volcanic eruption 100,000 years ago. People said that it’s the prettiest during the sunrise

Kawah yang berbentuk seperti mangkuk inilah yang dijadikan ikon Jeju, yang sering muncul di kartu pos ataupun brosur. Diameter nya sekitar 600m dengan tinggi mencapai 180m. Pada awalnya kawah ini adalah pulau vulkanik yang berada di permukaan laut, dari waktu ke waktu akumulasi pasir dan kerikil di antara dua pulau membuatnya saling terhubung. Sampai saat ini pun hanya sisi barat dari kerucut kawah yang terhubung ke tanah, sementara sisanya merupakan tebing terjal yang terpancang di lautan. Dari atas sini, saya juga bisa melihat lanskap kota Seogwipo yang penuh dengan rumah-rumah, lautan, dan bukit-bukit yang rimbun oleh pepohonan. Indahnya…

Jeju gives totally different feeling with Seoul. Not only the people, culture, and routines but also the landscape. Jeju had a lot of beautiful panoramas
Down the stairs is easier. The scenery along the journey is also picturesque
Jeju Island is proudly called ‘The Hawaii of Korea’. While both are volcanic islands, the comparison between the two is a bit too far i think

Kalo saat naik sedikit menguras stamina, pas turun jauh lebih mudah. Cukup menjaga keseimbangan biar ga jadi bola liar. Seandainya ada prosotan mungkin lebih asik. Pemandangan waktu turun juga ga kalah keren. Naik turun OK.

Seongsan Ilchulbong 성산 일출봉

• Address: 78 Seongsan-ri, Seongsan-eup, Seogwipo, Jeju-do
  • Opening Hours: 7AM – 7PM
  • How to get here: Dari Jeju Intercity Bus Terminal,
    Naik Dongilju bus bound jurusan Seongsan lalu turun di Seongsalliipgu Bus Stop. (Lama perjalanan sekitar 2 jam) Dari Seongsalliipgu Bus Stop, kamu bakal bisa melihat Seongsan Ilchulbong Peak. Kemudian jalan kaki menuju sekitar 1 km kesana Seongsan Sunrise Peak Google Maps Location
Jeju is amazing in its own way, the sky only spark their beauty
Depositional process of thepra. Flow of hot volcanic gases, steam and tephra moving along the ground surface like a desert sandstorm
You can try fresh squid that just catch by ahjumma diver in here

Dalam perjalanan turun, ada pantai kecil dengan pasir berwarna hitam. Disini saya melihat Ahjumma atau emak-emak tua berumur sekitar 50-60 tahun mengenakan baju menyelam ketat. Pertanyaan nya adalah kenapa mereka sudah tua ingin menyelam? rupanya Ahjumma ini menyelam untuk mencari makhluk dasar laut seperti kerang, gurita, abalone, landak laut dan rumput laut. Kerennya lagi, mereka menyelam tanpa alat bantu pernafasan. The power of emak-emak. Hasil tangkapan lautnya dijual kembali untuk memenuhi kebutuhan hidup. Cari uang ga gampang yah? kita patut bersyukur bila memiliki pekerjaan yang nyaman.

Pemerintah setempat akhirnya menfasilitasi mereka dengan membuat pertunjukan menarik. Pertunjukan yang dijadwalkan rutin dan menjadi tontonan seru buat turis yang datang. Jadi sebelum menyelam, ahjumma-ahjumma super ini bernyanyi dan menari dengan luwes. Saya cuma bisa ngakak ngeliat mereka nari. Walaupun sudah tua, mereka tetep pede. Usia cuma sebatas angka bukan? Kamu bisa menyaksikan emak-emak ini setiap hari di jam satu siang dan setengah empat sore.

Setelah kembali kebawah, kemudian saya mengisi perut. Berbagai gerai makanan dan minuman tersedia di dekat area parkir. Saya pun nyemil Twister Potato dan Jeju Ice Cream. Untuk info lebih lengkap tentang cemilan apa saja yang bisa kamu coba di Korea, kamu bisa klik link ini 15 JAJANAN PINGGIR JALAN YANG HARUS KAMU COBAIN DI KOREA #INSTAGRAMWORTHY

Kemudian saya mampir bentar di Starbucks. Begitu masuk, aroma kopi menyeruak lembut di udara. Saya pun langsung order, minta password WiFi,  mengistirahatkan kaki dan menghangatkan hati dengan kopi. Tak lupa upload foto di Instagram dengan khusyuk. Hidup, kaum Milenial!

2. Cheonjiyeon Waterfall 천지연폭포

It’s pretty refreshing getting close to the white swans which love bread

Saya berjalan di sepanjang tepi danau nya yang jernih, menghirup udara segar dan melewati berbagai jembatan indah. Suasana alami menenangkan jiwa begitu terasa. Area disekitar air terjunnya dipenuhi dengan pepohonan rindang, angsa putih yang asyik ngerumpi, dan berbagai instalasi patung-patung melegenda.

Cheonjiyeon waterfalls is one the most favorite tourist destinations in Seogwipo. It tooks around 20 minutes to get to the Jeongbang waterfalls from the Lee Jung Seob Street

Air terjunnya boleh dibilang bukan tipe pamer dengan kemegahan bebatuan tinggi nan curam dan aliran air yang deras. Air terjun ini seperti gadis tanpa make up yang memancarkan kesederhanaan-nya yang cantik. Legenda mengatakan, tujuh peri surga turun dari langit pake tangga awan lalu mandi di kolam ini. Sesuai dengan namanya, Cheonjiyeon berarti langit dan bumi bertemu membentuk kolam yang indah.

Penduduk lokal percaya bahwa air terjun ini memberi berkat kepada pengantin baru. Berkat yang mengaktifkan aura lancar rejeki dan ikatan cinta yang kekal. Cerita rakyat yang kemudian menyebar dan membuat banyak pasangan datang kesini. Meskipun datang sendirian, semoga berkat itu juga nempel ke saya.

Cheonjiyeon falls means the heaven and earth meet and create a pond. Its name comes from the legend that said the seven fairies serving the King of Heaven came down to the pond on stairs of cloud and bathed in its clean waters
The Golden Magic Pearl, present from the dragon of Cheonjiyeon

Ada cerita unik dibalik Golden Magic Pearl ini. Di Era Joseon, ada seorang wanita syantiik tinggal di desa Seogwipo (denger kata ini pasti langsung ngebayangin Syahrini) Karena keindahannya, banyak pria desa yang jatuh hati dan ingin melamarnya. Namun, gadis desa nan jelita ini malah menikah dengan pria yang berada di desa tetangga. Akhirnya banyak pria desa yang merasa kecewa. Mereka merasa di-php in. Seperti Raisa yang tiba-tiba menikah dengan Hamish Daud.

Diantara warga desa tersebut ada satu fans nya yang freak. Saking tergila-gilanya dengan gadis ini, dia berniat jahat dan ingin membunuhnya. Dia beranggapan dengan membunuhnya, gadis ini hanya akan menjadi miliknya. Pria jahat ini pun menunggu gadis ini lewat di dekat air terjun Cheonjiyeon. Saat pria ini hendak menusuk gadis itu, seekor Naga besar tiba-tiba muncul dari balik air terjun. Naga itu lalu menggigit dan membawa pria jahat ini menghilang ke langit.

Tuing! mutiara berbentuk bola besar emas pun jatuh dari langit. Gadis yang melihat mutiara ini pun membawanya pulang. Mungkin tadinya dia pikir blink blink cantik buat koleksi. Ternyata bola emas ini dihargai sangat mahal. Keluarga gadis ini pun akhirnya menjadi kaya tujuh turunan. Tamat.

Cerita yang lucu nan aneh bukan? cerita yang menambah daya tarik sebuah tempat wisata. Walaupun mungkin cuma mitos, cerita ini bisa jadi candaan bareng temen. Nah buat turis seperti saya, menggosok mutiara emas ajaib ini dengan tangan akan memberi berkat kaya tujuh turunan sama seperti kisah tadi.

They believe they are their guardian in Jeju Island. They believe if you touch his nose, you will get a son. If you touch his stomach, you will get wealthy. If you touch his shoulder, you will get healthy

Saya juga banyak melihat patung-patung dari batu yang menyerupai kakek tua memakai topi lonjong. Orang lokal menyebutnya ‘Dol Hareubangs’. Patung-patung ini biasanya di taruh di depan pintu masuk dan dipercaya dapat mengusir roh jahat. Selain itu patung ini juga dianggap sebagai titisan dewa kesuburan. Konon jika kamu menyentuh perutnya, kamu akan diberkahi dengan banyak anak. Kamu pun bisa membentuk kesebelasan di rumah.

Cheonjiyeon Waterfalls 천지연폭포

• Address: 961-33 Cheonji-dong, Seogwipo, Jeju-do
  • Entrance Fee: 2000 Won | Rp. 26,000
  • Direction: Dari Jeju Intercity Bus Terminal, naik Bus No. 516 ke Seogwipo.
    turun di pemberhentian terakhir kemudian naik taxi ke Cheonjiyeon Falls  Cheonjiyeon Fall Google Maps Location

3. Jeju Love Land 제주러브랜드

The entrance. Jeju Loveland is a place where the imagination can run wild. The place where eroticism and sexuality join together!

Dari semua museum di Jeju, Jeju Loveland adalah yang paling nyentrik. Museum ini berisi patung-patung erotis yang bertebaran di seluruh penjuru taman. Ada beberapa patung yang terlihat realistis banget. Bikin malu malu mau ngeliatnya. Rata-rata patung disini menampilkan posisi kamasutra yang bikin punggung keseleo, mlengsa mlengse. Ada beberapa yang saya lihat bisa kalian praktekkan dirumah, ada juga yang menurut saya terlalu sulit, don’t try this at home.

Selama disini saya banyak melihat pasangan, rame-rame bareng temen, berfoto dengan berbagai gaya yang nyeleneh sambil tertawa terbahak-bahak. Disini juga terdapat toko souvenir yang menjual sex toys. Tempat ini cocok untuk kamu yang sedang berbulan madu. Tambahan pengetahuan sebelum malam pertama. Museum ini menjual unique experience yang ditujukan untuk orang dewasa diatas 17 tahun. Jadi buat yang masih anak sekolah, kamu bisa datang kembali 2 atau 3 tahun lagi. Yang pasti jangan pergi bareng papa mama kesini, bakal awkward banget!

Jeju love land, this famed park of erotic statues was my first stop of the day. I had a good time gawking at the ridiculous erotic sexy porn art 17+ love sculpture

Physical touch makes you healthier. Studies show that massages, hugs, and hand-holding reduces stress and boosts the immune system – Google Facts

Jangan lupa untuk nyobain Pancake nenen dan penis dengan isi kacang merah. Dibilang enak banget si engga. Cuma detail-nya yang real, cocok buat diunggah ke instagram dengan hashtag #foodporn

Jeju Love Land 제주 러브랜드

• Theme park aimed at breaking taboos surrounding sex with a display of sculptures by local artists
  • Address: 2894-72 1100(Cheonbaek)-ro, Yeon-dong, Cheju, Jeju-do
  • Entrance Fee: 12,000 Won | Rp. 153,000
  • Opening Hours: 9AM – 11PM
  • Direction: Naik bus No. 240, No. 465-1, No. 465-2 dan berhenti di bus stop Jeju Museum of art. Bisa juga naik taxi dari airport atau Jeju Intercity bus, waktu tempuh dengan taxi kurang lebih 15 menit 6,000 Won  Jeju Love Land Google Maps Location

4. Jeongbang Falls 정방폭포

Scenery around Jeongbang was very exotic and unique. The water falls into the sea from a tall cliff

My favorite waterfall on the island. Dari pintu masuk, saya menuruni 300 anak tangga untuk sampai ke air terjun. Yang membuat nya unik adalah air terjunnya mengalir langsung ke lautan, menyatu layaknya pasangan beda dunia. Saya mendekatkan diri ke air terjun tersebut dengan melewati bebatuan besar satu persatu. Hati-hati saat melompati bebatuan, karena percikan air terjun membuatnya licin. Percikan air yang jatuh menimpa batu, menyegarkan saya yang berdiri di dekatnya. Saya pun langsung berkhayal seperti berada di iklan soda gembira.

Korean local Ahjussi posing to perfection. Jeong Bang waterfall is the only waterfall that flow directly to the pacific ocean in Asia
Walk down the stairs leading to the rocky waterfalls , got to be careful when walking around the rocks, slippery all the way

Jeongbang Waterfall 정방폭포

• Oceanside 75-ft. waterfall cascading from a cliff, with its waters flowing into the sea
  • Address: South Korea, Jeju-do, Seogwipo-si, Chilsimni-ro214beon-gil, 37 제주특별자치도
  • Entrance Fee: 2000 Won | Rp. 26,000
  • How to get here: Naik bus 701 ke Seogwipo lalu turun di Dongmun Ro Teo Ri 동문로터리 Berjalan ke selatan sampai kamu mencapai pantai lalu belok kiri. Idupin Google Maps sebagai panduan jalan karena posisinya dari halte bus, jaraknya masih lumayan jauh sekitar 1 km Jeongbang Waterfall Google Maps Location

5. Mysterious Road 도깨비 도로

Karena jalannya berdekatan dengan Jeju Love Land, saya pun mampir untuk menyaksikan jalan ajaib nan misterius ini. Banyak orang mematikan mesin mobil di tanjakan jalan, namun mobil mereka tetap bergerak naik ke bukit dengan sendirinya.

Sebenarnya ini bukan keajaiban, cuma ilusi penglihatan. Mobil terlihat seperti menanjak padahal sebenarnya bergerak di turunan. Buat yang ga bawa mobil, kamu bisa melakukan percobaan dengan menuangkan air dari botol aqua ke jalan. Kamu bakal kaget ngeliat airnya malah mengalir ke atas. Mysterious street of Roy Kiyoshi!

Di kawasan Yeon-dong ini juga terasa lebih hidup dibanding daerah lainnya. Ada banyak toko pakaian, kosmetik, aksesoris, pasar, restoran, dan kedai kopi di sepanjang jalan.

Why is the place called Mysterious Road? Apparently, when you stop your car on this uphill road, even when your engine is offed, the car will move uphill by itself! A place where gravity ain’t working

Mysterious Road

• Offbeat attraction with the optical illusion of a downward-sloping hill that looks like an incline
  • Address: 2894-63 1100(Cheonbaek)-ro, Nohyeong-dong, Cheju, Jeju-do
  • Direction: Mysterious Road Google Maps Location

Tempat wisata lain yang belum sempat saya kunjungi tapi mungkin bisa jadi referensi asyik untuk kamu datangi adalah Jusangjeolli Cliffs, Olle Trails, Hallasan Mountain, dan Manjanggul Lava Tube.

Yang pasti jangan karena mau ke banyak tempat, kamu jadi buru-buru lompat dari satu tempat ke tempat lain. Jangan lupa menikmati moment dan menyaksikan keindahan alam sesuai dengan pace-mu. Skip 1-2 ga masalah, yang penting bukan seberapa banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, tapi seberapa enjoy saat kamu disana.

Must Eat in Jeju?

Kalo sudah sampe di Jeju Island, kamu harus nyobain black pork! Banyak orang dari seluruh penjuru dunia datang kesini cuma buat nyicipin daging babi segar dari Wakanda foreva. Nama didalam menunya adalah 흑 되지 heuk dweji atau babi hitam. Sebenarnya dagingnya ga item, cuma bulu rambutnya aja yang berwarna hitam. Black Pork memiliki daging yang lebih sedikit, teksturnya lebih empuk dan kurang “berbau”  dibandingkan spesies babi buntal lainnya. Babi darah biru. Tempat terbaik untuk nyicipin Black Pork ini ada di Black Pork street!

Rumah makan ini sebenarnya ga cocok buat datang sendirian. Karena kamu harus memesan minimal 2 porsi hidangan daging utama. Saat itu saya memesan beef dan black pork. Karena pingin banget nyobain, saya pun rela membayar lebih demi kekenyangan yang hakiki. Semua makanan di atas meja seperti sup tahu, telur kukus, kimchi, bawang, jamur, bawang putih dan tauge disajikan secara gratis.

Yang khas dari Korean BBQ adalah penyajian daging mentahnya yang diatas tungku panggangan yang bisa dimasak sendiri. Karena bingung, saat itu saya minta bantuan pelayan dan pramusaji untuk membantu. Lebih baik bertanya, daripada sesat di meja makan.

Setelah daging dimasak, kita bisa menambahkan sayuran dan side dish seperti kimchi untuk dikunyah bareng. Cara makan ala orang Korea yang menyelipkan potongan daging ke daun wijen, baru dimasukkan kemulut. Hmmmm… empuk dan juicy! Meskipun dipanggang polos tanpa bumbu, rasanya dah maknyus! tentu kurang lengkap kalo ga pake soju, perfect combination!

Black Pork Street

• Harga: Grilled Black Pork Belly 16,000 Won | Rp. 207,000
  • Alamat: 25 Gwandeong-ro 15(sibo)-gil, Geonip-dong, Cheju, Jeju-do
  • Hours: Sabtu – Minggu 11AM-12AM
  • Lokasi: Dari Jeju Intercity Bus Terminal naik Bus no. 101 lalu berhenti di Donggwangyang kemudian menyebrang jalan ke pemberhentian bus, naik bus no. 422 ke Dongmun Rotary, kemudian tinggal berjalan 5 menit sekitar 300m ke Black Pork Street. Bisa juga dengan Taxi bila ingin lebih cepat.
    Black Pork Street Google Maps Location

Untuk info lebih lengkap tentang makanan enak yang bisa kamu coba di Korea, kamu bisa klik di link ini  20 MAKANAN UNIQUELY YUMMY DARI CAFE DAN RESTO TEREKSIS DI KOREA. MUST TRY!

Happy belly, drunk face

Dari Seoul ke Jeju itu seperti dari kota ke desa. Dari sibuknya metropolitan kembali ke kampung halaman. Dari gedung-gedung bertingkat, kembali ke alam terbuka. Kalo di Seoul toko-toko buka sampe malem, di Jeju jam 6-7 udah pada tutup. Jalanan terlihat sepi dan gelap. Tidak seperti Seoul yang dancing all night long. Dengan melihat dua sisi yang berbeda, saya semakin mencintai alam. Karya masterpiece Sang Pencipta yang sengaja dibuat untuk kita kagumi.

Bukan berarti saya ga suka dengan ciptaan manusia, saya senang lihat teknologi terbaru, museum, arsitektur gereja dan kota tua bersejarah, ataupun nyobain wahana menegangkan. Namun, alam terbuka memiliki nilai lebih di mata saya. Menyaksikan surga dunia dengan segala keindahannya membuat saya selalu terkesima. Seperti menemukan cinta sejati. Cinta sejati yang levelnya jauh diatas jutaan cinta kecil lainnya.

Earth and sky, woods and fields, lakes and rivers, the mountain and the sea, are excellent schoolmasters, and teach some of us more than we can ever learn from books – John Lubbock

Advertisements

One thought on “5 Tempat Wisata Unik Di Jeju. Disertai Panduan Transportasi, Hostel Murah, Dan Makanan Yang Wajib Dicoba