Tips agar Visa Jepang mu Disetujui! Disertai Panduan Mengisi Formulir Aplikasi dan Panduan registrasi bebas Visa bagi pemegang e-passpor

Apa saja yang harus dilakukan jika kamu sudah punya e-passport?

Sejak 1 Desember 2014, pemerintah Jepang mengeluarkan kebijakan bebas visa bagi pemegang e-paspor. Meskipun tidak perlu mengurus visa, kamu harus registrasi ke Kantor Perwakilan Jepang sebelum keberangkatan. Gratis! Bebas visa hanya berlaku untuk kunjungan singkat (wisata, bisnis, dan kunjungan keluarga).

Japan Visa Application Centre – JVAC

  • Jalan Professor Doktor Satrio No.3-5, RT.18/RW.4, Karet Kuningan, RT.18/RW.4, Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan 12940 Google Maps Location

Cara registrasinya:
1. Pemohon atau perwakilan membawa e-paspor dan formulir aplikasi ke Japan Visa Application Centre untuk diregistrasi.
2. Wakil Kedutaan akan menerima berkas permohonan, melakukan proses registrasi, menempelkan sticker bebas VISA, dan menyerahkannya kembali pada pemohon.
3. Yang bersangkutan dapat melakukan perjalanan ke Jepang untuk masa tinggal maksimal 15 hari, berkali-kali hingga masa berlaku sticker tersebut habis, tanpa perlu melakukan registrasi lagi di tiap kali perjalanan. Kalo pingin lebih dari 15 hari, kamu harus mengajukan visa.
4. Proses registrasi 2 hari kerja. Bagi pemohon Bebas VISA yang ditolak, harus melakukan permohonan VISA seperti biasa.

IMG_6029

Beli tiket pesawat dulu atau bikin visa dahulu?

Pertanyaan klasik. Memang tidak dianjurkan untuk membeli tiket pesawat sebelum mendapatkan visa. Tapi mau gimana lagi, bila pesen tiket mepet, harganya akan terlampau mahal. Promo yang biasanya harus memesan jauh-jauh hari, pasti akan sangat menghemat budget traveling.

Sebuah kegalauan yang diibiratkan mana duluan ‘telur atau ayam?’ Pertanyaan yang dijawab dengan kata ‘tergantung’, karena jawaban tiap orang berbeda. Tergantung tebal atau tidaknya uang yang ada di rekeningmu, tergantung apakah uang tak jadi masalah jika membeli tiket mepet, tergantung passport-mu isinya kosong apa engga, tergantung kamu pede gak dengan kelengkapan dokumen dan formulir yang ada.

Ada berbagai jenis visa Jepang seperti visa untuk pelajar, visa untuk bisnis, visa untuk bergabung dengan keluarga dan sebagainya. Untuk blog ini, saya hanya akan memberikan panduan persyaratan untuk visa turis berdasarkan pengalaman saya sendiri. Namun, jika tujuan kunjungan mu bukan sebagai turis, kamu bisa langsung klik di link ini Informasi Visa Jepang untuk informasi persyaratan lengkap jenis visa lainnya.

Kapan waktu paling awal untuk bisa mengajukan permohonan Visa Jepang?

Kamu bisa mengajukan permohonan Visa Jepang 3 bulan atau 90 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Berikut semua persyaratan yang saya cantumkan saat mengajukan permohonan Visa Jepang:

1. Passport yang masih berlaku minimal 8 bulan

Pastikan kamu memiliki minimal 8 bulan sisa masa berlaku paspor. Jika tidak, perpanjang passport dahulu sebelum mengajukan visa. Perkenalkan dirimu dengan indah. Tunjukkan bahwa kamu sering jalan-jalan dan selalu bepergian dengan rapih. Jangan lupa mengikutsertakan passport lama.

Cap yang ada di paspormu ibarat CV saat melamar kerja. Sekalipun bukan faktor penentu, ada baiknya menunjukkan kesan baik dari jejak traveling yang telah kamu jalani. Kesan yang memberitahukan bahwa kamu selalu balik ke kampung halaman dan tidak pernah overstay di luar negeri.

2. Menyertakan formulir aplikasi permohonan Visa

Kamu bisa mendownload formulir permohonan visa disini Formulir Aplikasi Visa Jepang Pastikan kamu print di kertas A4. Cuma ada dua halaman berisi berbagai  pertanyaan di formulir ini. Sangat sedikit jika dibandingkan dengan formulir aplikasi Visa Australia yang tebal nya kaya novel!

Tulislah dengan jelas dan rapi, tanpa coretan. Jangan meremehkan detail kecil. Isi dengan seksama sesuai data mu yang sesungguhnya.Berikut saya cantumkan penjelasan dan contoh bagaimana saya mengisi formulir tersebut, tentu dengan data pribadi yang sudah saya samarkan untuk menjaga privasi.

Japan Page 1
Page 1 – Isi data diri PERSIS seperti apa yang tertulis di Passport
Japan page 2
Page 2 – Jika ada pihak penjamin dan pengundang dirimu ke Jepang. Tulis data mereka dengan tepat

3. Pas Foto Warna dengan latar belakang putih ukuran 4,5×4,5 (2 lembar)

Pakailah pas foto terbaru. Kalo lagi males,  foto setahun yang lalu ga papa asal kamu awet muda dan terlihat ga jauh berbeda. Yang penting jangan pas foto waktu balita. Pastikan bentuk wajah, jidat, alis dan telinga terlihat jelas. Jangan pakai softlens dan kacamata. Foto tidak boleh diedit apalagi pakai beauty filter. Zoom standar visa 70%.

4. Photocopy KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Nikah (kalo sudah kawin), Surat Ganti Nama jika Ada

Jika kamu pelajar, lampirkan Scan Kartu Pelajar / surat keterangan sekolah untuk anak. Lampirkan juga keterangan dari kampus/sekolah yang mencantumkan nama, no. induk mahasiswa, jurusan, dan program yang diambil (S1/Diploma).

5. Print out bukti pemesanan TiketKonfirmasi Bookingan Hotel, dan Itinerary Jadwal Perjalanan selama kamu di Jepang

Print out Ticket reservasi penerbangan menjadi bukti dasar yang kuat bahwa masa tinggalmu nanti tidak akan melampaui batas waktu (Overstay). Berikan mereka itinerary rencana perjalanan  tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi di Korea nanti.

Form Kosong untuk mengisi itinerary bisa download disini Itinerary Form Japan Bukti yang menunjukkan bahwa kamu bisa tidur dengan nyaman di negeri orang.

Japan Itinerary
Contoh Itinerary

Konfirmasi bookingan hotel yang telah di print, bisa melalui aplikasi atau website seperti Booking.com dan Agoda, yang tidak mengharuskan biaya hotel dibayar saat itu juga. Jika ada perubahan jadwal, bisa kamu cancel tanpa dikenai biaya.

Akan tetapi jika kamu menginap di rumah teman atau keluarga, kedutaan akan meminta rincian data tentang ‘tuan rumah’, seperti copy kartu identitas mereka, alamat tempat tinggal, dan bukti hubungan kamu dengan mereka.

6. Photocopy SIUP/TDP/HO/NPWP ( Jika pemilik toko / perusahaan )

Hanya kirimkan dokumen asli. Jangan pernah mencoba mengirimkan dokumen palsu. Kemungkinan besar kamu tidak hanya akan ditolak, tapi juga akan dibanned seumur hidup. Kamu bisa memilih salah satu dari SIUP atau TDP atau HO. Tapi akan lebih baik jika mencantumkan semuanya. Saya mencantumkan semua fotocopy SIUP, HO, TDP, dan NPWP. Intinya semakin lengkap semakin OK OCE.

Jika bukan Wiraswasta, misal bekerja kantoran atau mahasiswa. Cukup mencantumkan Surat keterangan dari perusahaan/kantor/sekolah dalam bahasa Inggris. Dengan kertas kop surat berlogo dan terdapat nama, alamat dan kontak perusahaan. Isi surat menerangkan tentang kamu sejak kapan mulai bekerja/sekolah di situ dan posisi kamu dalam organisasi.

Misal, karyawan tetap, memperoleh izin untuk meninggalkan pekerjaan/sekolah selama trip berlangsung. Juga menjelaskan apakah biaya perjalanan ditanggung sendiri atau oleh perusahaan. Intinya menjamin bahwa kamu akan kembali ke Indonesia setelah trip berakhir. Slip gaji 3 bulan terakhir juga dicantumkan untuk memperkuat pernyataan pada surat keterangan.

7. Bukti Keuangan Pribadi 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank

Kedutaan ingin memastikan kamu memiliki cukup uang untuk membiayai kebutuhan hidup saat berada di negara mereka. Pakailah rekeningmu sendiri bila tersedia dana yang mencukupi. Gunakan rekening wali/orang tua/suami/saudara jika kamu belum memiliki penghasilan sendiri. Gabungkan rekening kedua nya, jika kamu merasa perlu, dalam bentuk support sponsor dukungan oleh orang tua misalnya.

Namun, hati-hati jika hanya menggunakan rekening dari wali. Adik dari teman saya yang masih kuliah pernah ditolak visa Jepangnya karena memakai rekening orang tua. Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya. Ada anyak faktor sebuah visa ditolak. Mungkin juga karena dia belum pernah kemana-mana sebelumnya, alias cap di passport-nya kosong.

yen
Picture courtesy by okinawa.stripes.com

Berapa jumlah minimum uang yang harus saya tunjukkan di rekening koran?

Sesuatu yang tidak bisa dijawab secara absolut, karena tiap negara memiliki persyaratan minimum sendiri tergantung berapa lama masa tinggalmu. Berdasarkan pengalaman saya membuat Visa Jepang, pihak kedubes mengharuskan kamu memiliki minimal 7,800 Yen atau sekitar Rp. 1 juta per hari dari masa tinggal. Saya menyarankan agar kamu memiliki dua kali lebih banyak dari uang minimal tersebut.

Saya menggunakan sistem kelipatan, berapa hari kamu stay di Jepang x Rp 1 juta. Misal, kamu ke Jepang 12 Hari, berarti persiapkan 12 x 2 juta = 24 Juta didalam rekening kamu. 12 juta untuk kamu hokya-hokya. 12 juta untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa kamu memiliki cukup uang untuk kembali menjalani hidup.

Jika mutasi rekening tidak banyak, debit kredit atau jumlah uang di rekening kurang ideal. Keluar masuknya ga jelas tiap tanggal berapa, jumlah kredit pemasukan nya tidak menentu. Salah satu cara untuk memperkuat bukti kalau kita punya cukup uang dan menunjukkan uang itu bukanlah ‘titipan’ adalah dengan mem-print rekening koran lebih dari 3 bulan, misal 6 – 9 bulan.

8. Membayar biaya pembuatan Visa Turis senilai Rp. 360,000 (Visa Single Entry)

Sejak 15 September 2017, pengajuan Visa Kunjungan Jepang di Jakarta baik Single maupun Multiple tidak bisa lagi langsung ke Kedubes Jepang, melainkan melalui JVAC (Japan Visa Application Center) di Lotte Shopping Avenue. Selain itu, biayanya juga ditambah dengan biaya administrasi Rp 150,000 baik untuk Single atau Multiple Visa.

Biaya Pembuatan Visa terbaru 2018 berdasarkan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

  • Visa Single Entry Rp. 360,000
  • Visa Multiple Entry Rp. 720,000
  • Visa Transit Rp. 80,000

Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila proses pengajuannya dibatalkan atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Jepang.

Buat kamu yang tinggal diluar Jakarta, akan lebih efektif dan efisien bila menitipkan permohonan visa mu melalui travel agent. Seperti saya yang berdomisili di Yogyakarta, menitipkan ke travel agent terpercaya di Nusantara Tour. Tentu ada biaya tambahan untuk ongkos titip dan kirim.

Setahun yang lalu saya membayar Rp. 600,000 . Biaya yang boleh dibilang ga mahal karena pihak agent hanya menambah sekitar 90,000 dari biaya yang harus diserahkan ke pihak kedutaan. Biaya yang menurut saya worth it dibandingkan harus bolak-balik ke Jakarta. Tiket pesawat aja dah berapa, belum plus hotel, nge-mall, ngemil eksis di Central Park.

Screen Shot 2018-12-20 at 16.16.20
Ringkasan persyaratan visa berdasarkan Kedubes Jepang Website

Bagaimana cara mengecek Online apakah Visamu telah disetujui atau belum?

Jika kamu telah mengajukan aplikasi di Pusat Aplikasi Jepang di Jakarta, masukkan Nomor Referensi Aplikasi (nomor Referensi yang dimulai dengan “JAKA” yang diberikan pada saat mengajukan permohonan, nama belakang dan kode verifikasi kamu.

Kamu bisa klik di link ini Track your Application – Cek status persetujuan visa online

IMG_6016 2

Namun apa yang terjadi bila Permohonan Visa Jepang mu ditolak?

Adakah yang bisa kamu lakukan jika hal buruk ini terjadi? Saya cuma bisa menyampaikan turut berduka cita. Kamu bisa mengajukan permohonan kembali setelah 6 bulan berikutnya. Setidaknya bukan cintamu yang ditolak. Hidup masih panjang,  masih ada kesempatan lain.

Jangan terlalu dipikirkan. Makanlah cheese cake dan durian sebagai penawar hati yang pilu. Selagi menunggu 6 bulan lagi, mungkin kamu bisa mengunjungi negara yang passport Indonesia boleh masuk tanpa harus apply visa, seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Vietnam, Hongkong, Macau, Brunei, Filipina, Chile, dan Peru.

 

22 Comments »

  1. Kak mau tanya, kalau sudah terkanjur beli tiket dan visa ditolak gimana? hiks rugi dong.
    saya baru akan mengajukan apply visa jepang untuk keberangkatan september. tapi sudah beli tiket PP jakarta-sapporo. dan untuk tempat tinggal saya nanti mau tinggal di apato adik saya sekitar 7 harian. Nah adik saya sudah mengirim resident cardnya. ketika saya mengisi form aplikasi visa Jepang, yang saya cantumkan alamat apato adik saya kan? oya bisa DM alamat Nusantara Tour ga? Saya tinggal deket Jogja Kak. kali aja bisa bantu. maaf Kak banyak bertanya.

    Like

  2. Maaf kak saya mau tanya, berarti untuk application form itu ditulis tangan ya bukan diisi lewat komputer?saya bingung soalnya dari komputer juga dipencet2 kolom nya bisa langsung muncul X sendiri hehe

    Like

  3. Serius itu kalau ditolak baru bisa apply 6 bulan lagi? minta sumbernya dong yang bilang 6 bulan.. Saya tanya ke pihak Japan Visa Application Center katanya bisa coba 1 bulan lagi, mana yang benar? Soalnya kalau ditolak waktu 1 bulan mungkin masih bisa untuk coba ganti paspor biasa menjadi e-paspor. Karena e-paspor hanya butuh waiver dan tidak perlu repot apply visa Jepang.

    Like

  4. Mas mau tanya. Ini kan article untuk pemegang e-paspor. Kalau untuk pemegang paspor biasa gimana ya ? Apakah sama pengajuannya seperti di article ini atau berbeda ? Makasih..

    Like

    • Untuk pemegang e-passpor hanya bagian atas kok, ga perlu bikin visa namun cukup registrasi ke Kantor Perwakilan Jepang.

      Selebihnya, semua persyaratan visa dan tips yang ditulis, untuk pemegang passpor biasa

      Like

  5. Hallo mas, mau tanya. Kemarin pas apply via travel Agent Nusantara Tour untuk tiket pesawatnya PP berupa bookingan aja atau sudah pesan dengan tanggal pasti. Soalnya kemarin tanya ke Nusantara Tour di kota saya, mereka bilang kalo pakai bookingan tiket saja kemungkinan susah di approve. Mohon pencerahannya ya. Soalnya takutnya udah terlanjur issue tiket, visanya ga di approve, khan jadi hangus tiketnya PP.
    Thanks in advance mas.

    Like

    • Kamu bisa buat dummy booking, bila belum yakin. Petunjuknya ada di blog ini
      https://alt3rnativeways.blogspot.com/2018/03/membuat-sendiri-tiket-pesawat-dummy.html?m=1

      Kamu juga bisa membeli tiket pesawat yang ada asuransi tambahan. Walaupun harganya lebih mahal, kamu bisa cancel atau reschedule tanpa dikenai biaya. SQ biasanya ada fitur yang bisa dicentang ini.

      Bukti dasar bookingan tiket memang untuk meyakinkan pihak kedubes. Namun mereka TIDAK MENGHARUSKAN kamu menyertakan booking tiket pesawat tersebut. Sebuah opsi dan keputusan yang harus diambil sendiri. Tergantung situasi dan kondisimu. Apakah kamu yakin dengan persyaratan lain yang kamu sertakan? Apakah kamu yakin dengan cash flow dan jumlah uang yang ada di rekening koranmu?

      Ibarat bisnis dan percintaan, tidak ada kebahagiaan yang datang tanpa resiko.

      Good luck

      Like

  6. Kak mau tanya, aku november nanti mau ada kegiatan di jpn 4 hari, dan mau extend 4 hari rencana nya. kalau untuk 4 hari pertama itu biaya makan dan hotel udh ditanggung tp otomatis gaada bookingan hotel, cuman ada invitation letter, terus yg 4 hari nya aku mau nginep di rumah sodara, tp sodara jauh, jd gimana buat membuktikan hubungan ku sama sodara itu? Karena gaada di KK

    Like

    • Sebagai pengganti surat keterangan kerja, kamu bisa membuat surat keterangan terkait aktivitas usaha online kamu sekarang. Surat tersebut harus ditulis dalam Bahasa Inggris dan ditujukan kepada kedutaan negara tujuan.

      Lampirkan juga Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan yang menyatakan tidak semua usaha harus memiliki SIUP sehingga ada dasar hukum kuat bahwa usaha online kamu tidak termasuk kategori yang memiliki SIUP.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.